Lihat ke Halaman Asli

Refleksi Individu - Mulai dari Diri Modul 2.1

Diperbarui: 20 November 2023   09:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

1. Bayangkanlah kelas yang saat ini Anda ampu dengan segala keragaman murid-murid Anda.

Saat ini saya mengampu kelas 5 yang terdiri dari 27 murid. Menuntun murid-murid sesuai kodrat alam dan zaman pada setiap masing-masing individu adalah tugas dan tanggung jawab saya sebagi guru. Beragam keunikan pada setiap individu menjadi tantangan tersendiri bagi saya selaku guru kelas. Setiap pembelajaran saya berkecimpung dengan keberagaaman murid-murid. Saya menyakini bahwa mereka berasal dari daerah, status sosial, tingkat ekonomi, latar belakang pendidikan orang tua, dan kebutuhan belajar yang berbeda-beda. Dari situlah menjadikan motivasi bagi saya secara pribadi untuk terus berbenah dalam memberikan 'pelayanan terbaik' bagi mereka sesuai kebutuhan mereka.

2. Apa yang telah Anda lakukan untuk melayani kemampuan murid yang berbeda? Apa yang Anda lakukan untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah untuk murid Anda? Apakah ada perlakuan yang berbeda yang Anda lakukan? Jika ada, perlakuan seperti apa? Jika tidak ada, apa dampaknya terhadap murid Anda?

Yang telah dilakukan:

Melakukan pendekatan secara individual, kelompok kecil, kelompok besar atau klasikal, bergantung dari capaian belajar. Pendekatan individu dapat dilakukan melalui metode observasi, melihat catatan atau jurnal atau bertanya kepada guru mata pelajaran yang juga melaksanakan pembelajaran di kelas saya. Menggali informasi melalui murid yang bersangkutan. Model cooperatif learning diterapkan untuk menyeimbangkan segala keunikan murid dalam setiap kelompok. Hal tersebut dapat dilihat dari kecepatan, gaya belajar, pemerataan gender, dll.

Bentuk perlakuan:

a. Tidak membeda-bedakan murid satu dengan lainnya dengan berpedoman bahwa setiap insan pasti memiliki kelemahan dan keunggulan masing-masing.

b. Menghilangkan intoleransi kepada sesama murid.

c. Konsisten melaksanakan refleksi, evaluasi, dan rencana tindak lanjut mengenai pembelajaran dengan harapan murid dapat mengungkapkan ide san saran yang mereka alami dan rasakan sehingga guru dapat mengelola kelas baik. Guru juga mendapatkan umpan balik dari murid.

3. Sebutkan tantangan-tantangan yang Anda hadapi dalam proses pembelajaran di kelas yang disebabkan oleh keragaman murid-murid Anda tersebut? Tindakan-tindakan apa yang telah Anda lakukan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut?

Tantangan:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline