Model PJBL dan Inovasi Pembelajaran TPACK Dapat Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Menulis Teks LHO di Kelas 8F SMP Negeri 1 Gemuh
Pendahuluan
Praktik baik ( Best practice) ini dilakukan karena terdapat permasalahan kurangnya kemampuan peserta didik dalam menulis teks LHO di kelas 8F SMP Negeri 1 Gemuh. Hal ini disebabkan : 1. Kurangnya minat peserta didik dalam menulis teks LHO. 2 Peserta didik merasa kesulitan dalam menuangkan gagasan serta pemilihan diksi dalam menulis teks LHO. 3. Minimnya kosa kata yang dimiliki peserta didik, Peserta didik yang rendah membaca di kelas maupun di rumah masih kebingungan dalam menuangkan ide. 4. Kesulitan peserta didik dalam menulis teks LHO sesuai dengan struktur dan tanda baca. 5. Guru belum maksimal dalam menggunakan media pembelajaran berbasis TPACK. Berdasarkan permasalahan di atas upaya untuk mengatasi permasalahan adalah mendesain sebuah pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kemampuan menulis teks LHO dengan menggunakan model Project Based Learning dengan media berbasis TPACK.
Pembahasan
- Berdasarkan identifikasi beberapa masalah yang ada, permasalahan yang mendasar dalam pembelajaran menulis teks LHO yakni guru belum menerapkan model dan media pembelajaran yang inovatif berbasis TPACK. Guru masih menggunakan metode yang monoton dan konvensional, kemampuan literasi peserta didik yang masih rendah, kurangnya pemahaman peserta didik dalam pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, sehingga peserta didik kurang maksimal dalam mengikuti pembelajaran.
- Penerapan model Project Based Learing mendapatkan tantangan sekaligus mempunyai kelemahan pengelolaan waktu dalam pembelajaran. Peserta didik yang masih terbiasa dengan model pembelajaran yang konvensioanal mempengaruhi proses pembelajaran, hal itu terlihat ada kendala sebagian peserta didik ketika diskusi belum maksimal. Minimnya sarana dan prasana sekolah berupa internet yang belum terjangkau di kelas mengakibatkan peserta didik kesulitan dalam mengerjakan asesmen sumatif dengan gogle form.
- Berdasarkan hasil evaluasi dan refleksi pembelajaran model Project Based Learning dan media berbasis TPACK sangat efektif dan berdampak positif terhadap motivasi belajar peserta didik dalam menulis teks LHO. Peserta didik sangat kreatif, kritis , percaya diri, mandiri. Pemilihan metode yang variatif sangat efektif untuk meningkatkan keaktifan peserta didik. Hal ini bisa dilihat dari kegiatan refleksi setelah pembelajaran .Peserta didik memberikan refleksi bahwa pembelajaran menulis teks LHO ternyata tidak sulit yang dibayangkan , bahkan pembelajaran berlangsung sangat menyenangkan
- Penggunaan media membelajaran inovatif bermuatan TPACK yang di dalamnya terdapat media video pembelajaran sangat membantu peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Peserta didik memberikan refleksi bahwa pembelajaran menulis teks LHO ternyata tidak sulit yang dibayangkan. Informasi dalam video pembelajaran dapat bermanfaat bagi kehidupan nyata.
Kesimpulan
Penerapan model pembelajaran Project Based Learning yang digunakan dalam materi menulis teks LHO mendapatkan apresiasi dari peserta didik, teman sejawat, dan kepala sekolah. Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat berpengaruh dan sangat ditentukan oleh guru itu sendiri , mengenai penguasan materi , Dengan demikian Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah dilakukan adalah guru lebih kreatif dan inovatif dalam memilih model, metode dan media pembelajaran untuk membuat proses belajar mengajar sesuai dengan yang diharapkan
Daftar Pustaka
Afifah A N, Nur Ilmiyati dan Toto. 2019. Model Project Based Learning Berbasis stem Untuk Meningkatkan Penguasaan Dan Keterampilan Berpikir Kritis https://www.journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/article/view/1910/pdf. Diakses pada tanggal 14 November 2023. Dalman. 2018. Keterampilan Menulis. Depok: Rejawali Pers.