Lihat ke Halaman Asli

Supriyanto

Tuangkan apa yang dapat kamu tuangkan.Semoga bermanfaat

Talang Air Fiber dan Jenisnya yang Banyak Digunakan

Diperbarui: 2 Februari 2022   14:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Talang air modern ada yang sudah menggunakan bahan fiberglass. Model yang dibuat dari talang air fiber juga bermacam-macam. Biasanya konsumen akan bisa memesan sesuai kebutuhan. Talang ini mampu menyalurkan air dari atap bangunan sehingga tidak menggenang di bagian atap bangunan.

Efek dari talang air sangat berpengaruh terutama di musim penghujan. Bangunan yang tidak dilengkapi dengan talang air yang baik akan rentan terhadap kebocoran. Pasti siapapun tidak menginginkan atap bocor setiap kali musim penghujan tiba.

Informasi Seputar Talang Air Fiber dan Jenisnya

Bahan fiberglass memang semakin dekat dengan kehidupan manusia. Banyak sekali barang kebutuhan manusia yang dibuat dari fiberglass, seperti septic tank dan juga tandon air. Bahan tersebut punya keunggulan tahan terhadap suhu sangat tinggi hingga lebih dari 100 derajat Celcius. Langsung saja kita bahas mengenai keunggulan dan Jenisnya dari talang air dari bahan fiberglass.

  • Keunggulan Talang Air Bahan Fiber

Ketahanan dari talang air fiberglass cukup baik sehingga pemilik rumah dapat merasakan manfaatnya lebih dari 5 tahun setelah pemasangan. Talang tersebut memiliki ketahanan dari terpaan terik matahari berkat suhu leleh yang tinggi. Selain tahan terhadap suhu tinggi, bahan fiberglass juga memiliki spesifikasi elastis.

Elastisitas tinggi membuat talang lebih tahan dari kebocoran dan mudah dibentuk. Konsumen dapat memesan bentuk dari talang sesuai keperluan. Materialnya juga tidak gampang mengalami keropos sehingga jarang sekali ditemukan kebocoran kecuali pernah tertimpa benda yang keras dan berat.

Talang berbahan fiberglas juga jauh lebih tahan korosi dibandingkan dengan talang yang terbuat dari bahan stainless steel. Ketahanan dengan kontak bahan kimia juga cukup baik terlebih sebagian besar hujan yang berada di wilayah perkotaan sudah masuk kategori hujan asam.

Proses instalasi dari talang juga cukup mudah berkat bobot yang ringan. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau sehingga tidak terlalu membebani keuangan.

  • Jenis Talang Air

Talang air memiliki dua jenis berupa horizontal dan vertikal. Talang yang horizontal biasanya terpasang di bagian tepi dari atap bangunan. Talang horizontal berperan dalam mengalirkan air hujan untuk sampai ke talang vertikal. Sedangkan talang vertikal akan menyalurkan ke pembuangan got.

Bagian dari talang horizontal sering mengalami masalah sumbatan akibat dedaunan yang kering. Jika terus dibiarkan maka daun kering akan menyumbat parah dan menyebabkan kebocoran dari area atap saat hujan turun.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline