Lihat ke Halaman Asli

Supriyanto

Penyuluh Agama Buddha

Memaafkan Jalan Menuju Kebahagiaan

Diperbarui: 17 April 2023   07:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Ajaran Buddha menganjurkan sikap memaafkan sebagai tindakan yang mulia dan bijaksana untuk mengatasi perasaan tidak puas. Memaafkan dapat membantu seseorang untuk membebaskan diri dari dukacita, kebencian dan kemarahan yang dilandasi oleh perasaan tidak puas tersebut. Dalam ajaran Buddha, memaafkan juga diasosiasikan dengan rasa kasih sayang dan belas kasih.

Dalam ajaran Buddha, memaafkan adalah salah satu prinsip utama. Menurut ajaran Buddhisme, memaafkan adalah cara untuk membebaskan diri kita dari kesengsaraan dan mencapai kedamaian dan kebahagiaan. Buddha mengajarkan bahwa dengan memaafkan orang lain, kita dapat mengurangi kebencian dan membebaskan diri kita dari ketegangan dan kekecewaan. Memaafkan dapat mengurangi rasa sakit yang mungkin kita alami dan membuka jalan untuk mengembangkan rasa saling menghargai. Memaafkan juga dapat meningkatkan empati kita yang merupakan salah satu kuncinya untuk membangun hubungan yang baik dengan orang lain.

Buddha juga menyarankan agar orang tidak hanya memaafkan orang lain, tetapi juga menghilangkan rasa benci mereka. Menuru beliau, jika kita membiarkan diri kita terikat oleh benci, kita hanya akan berakhir dalam keadaan sengsara. Oleh karena itu, ia mengajarkan bahwa kita harus melakukan sesuatu untuk mengakhiri benci dan menggantikannya dengan rasa kasih dan pengertian. Dengan demikian, kita dapat membangun hubungan yang sehat dan harmonis dengan orang lain. hal ini disampaikan Buddha dalam syair Dhammapada 221 demikian 

Hendaklah orang menghentikan kemarahan dan kesombongan,

hendaklah ia mengatasi semua belenggu.

Orang yang tidak lagi terikat pada batin dan jasmani,

yang telah bebas dari nafsu-nafsu, tak akan menderita lagi.

Kesimpulannya, memaafkan orang lain adalah salah satu prinsip utama ajaran Buddha. Memaafkan bukan hanya tentang mengabaikan kesalahan orang lain, tetapi juga tentang membangun hubungan yang sehat dan harmonis dengan orang lain dengan mengisi kebencian dengan rasa saling menghargai.memaafkan juga diasosiasikan dengan rasa kasih sayang dan belas kasih.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline