Lihat ke Halaman Asli

Suprihadi SPd

Selalu ingin belajar banyak hal untuk dapat dijadikan tulisan yang bermanfaat.

Media Sosialku sebagai Sarana Komunikasi dan Lahan Beribadah

Diperbarui: 29 Juli 2024   06:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diolah dengan Canva (dokpri)

Media Sosialku sebagai Sarana Komunikasi dan Lahan Beribadah

Bermedia sosial yang positif akan banyak manfaat. Berbagai platform media sosial dapat dipilih sebagai sarana untuk berkomunikasi atau sekadar mencari informasi. Komunikasi yang positif tentu akan mendatangkan manfaat untuk peningkatan kualitas hidup.

Bermedia sosial untuk berkeluh kesah sebaiknya dihindari. Janganlah mengumbar amarah, kesedihan, kalimat nyinyir di media sosial. Kita harus berusaha lebih bijak sebelum menuliskan kalimat, menyebarkan gambar, video, atau hal-hal lain di media sosial.

Jangan pula terlalu ekstrem dalam menanggapi sebuah unggahan di media sosial. Bertindaklah hati-hati sebelum memberikan komentar atau tanggapan.

Kalimatmu Harimaumu

Kalau dulu cukup viral ungkapan mulutmu harimaumu, saat ini kita perlu mengumandangkan ungkapan kalimatmu harimaumu. Setiap kata, kalimat, atau hal semacam itu yang diunggah di media sosial akan menjadi bumerang jika tidak berhati-hati.

Mungkin maksud unggahan hanya untuk seru-seruan atau humor. Namun, tidak semua orang dapat bereaksi atau menanggapi sebagai lelucon. Banyak orang yang serius menanggapi sebuah unggahan di media sosial.

Ada beberapa kasus hukum menimpa seseorang gara-gara mengunggah sesuatu yang bersifat fitnah, penyebaran kabar bohong, dan sejenisnya. Sudah banyak contoh. Kita diharapkan tidak menambah kasus serupa.

Media Sosial sebagai Sarana Komunikasi

Saya pibadi menyikapi media sosial sebagai sarana komunikasi yang efektif, apalagi status sebagai pensiunan pegawai. Posisi sudah pensiun memang cukup jarang bertemu muka dengan orang lain. Dalam posisi pensiunan, akses untuk berkumpul dengan orang lain cukup terbatas.

Untuk itu, media sosial adalah sarana komunikasi yang efektif untuk berhubungan dengan orang lain. Hanya bermodal ponsel kita dapat menjangkau banyak orang di berbagai lokasi yang tersebar di dunia. Hanya dengan menekan kibor ponsel, kita dapat bertegur sapa dengan banyak orang, termasuk keluarga besar (trah) dan keluarga inti.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline