Lihat ke Halaman Asli

Suprihadi SPd

Selalu ingin belajar banyak hal untuk dapat dijadikan tulisan yang bermanfaat.

Teras Malioboro, Slasar Malioboro, Plaza Malioboro, dan Jalan Malioboro Yogyakarta

Diperbarui: 20 Juli 2024   07:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Berswafoto di Slasar Malioboro (dokpri)

Teras Malioboro, Slasar Malioboro, Plaza Malioboro, dan Jalan Malioboro Yogyakarta

Yogyakarta cukup dikenal wisatawan. Berkunjung ke Yogyakarta belum lengkap jika belum menikmati Malioboro. Banyak nama tempat yang menggunakan kata Malioboro. Sebelum berkunjung ke Yogyakarta, alangkah lebih baik mengenal nama-nama tempat yang menggunakan kata Malioboro agar tidak salah persepsi atau ditipu orang.

Jalan Malioboro

Wisatawan yang sudah sering ke Yogyakarta tentu tidak akan melewatkan kesempat untuk berfoto di depan papan tulisan penunjuk tempat Jl. Malioboro. Banyak wisatawan yang merasa belum afdol jika belum berswafoto atau berfoto beramai-ramai didekat tulisan yang sangat fenomenal tersebut.

Papan nama Jl. Malioboro (dokpri)

Tulisan pada papan kecil dengan tiang setinggi kurang lebih dua meter itu, sama halnya dengan tulisan nama jalan di tempat lain. Posisi nama jalan yang dekat dengan tikungan (belokan) atau pertigaan jalan itu memang cukup ramai. Orang yang lewat banyak dan tidak sedikit orang yang ingin berfoto di sana, termasuk penulis.   

Plaza Malioboro

Sesuai nama awalnya, plaza, lokasi itu jelas berupa plaza pada umumnya. Lokasi Plaza Malioboro tentu saja berada di kawasan Jalan Malioboro Yogyakarta. Dari arah utara (stasiun Tugu), posisi Plaza Malioboro berada di sebelah kiri jalan. Kalau kita berjalan dari arah selatan (Alun-Alun Utara), posisi Plaza Malioboro berada di sisi kanan jalan.

Plaza Malioboro

Tulisan nama Plaza Malioboro agak tinggi. Kalau kita berada di trotoar depan plaza, agak kesulitan melihat tulisan tersebut. Nama plaza dapat dibaca dengan jelas dari seberang jalan. Itu pun agak tertutup oleh kerimbunan pohon saat saya memotret. 

Teras Malioboro 1

Para pedagang yang sebelumnya berjualan di trotoar sepanjang Jalan Malioboro dipindahkan atau direlokasi ke Teras Malioboro 1 dan Teras Malioboro 2. Mereka dipindahkan karena keberadaannya cukup menganggu para wisatawan yang lewat. Barang-barang dagangan mereka, waktu itu, cukup menyita tempat sehingga area untuk pejalan kaki banyak "termakan" oleh lapak para pedagang.

Pasar Beringharjo (dokpri)

Ada dua lokasi tempat berjualan yang baru. Lokasi pertama diberi nama Teras Malioboro 1. Lokasi tempat berjualan itu berada di seberang Pasar Beringharjo.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline