Lihat ke Halaman Asli

Suprihadi SPd

Selalu ingin belajar banyak hal untuk dapat dijadikan tulisan yang bermanfaat.

Olahraga Sederhana bagi Manula yang Tidak Suka Ribet dan Terlalu Diatur

Diperbarui: 5 Juli 2024   20:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Aktivitas fisik  yang bisa dilakukan di rumah bagi lansia (PIXABAY/ADISMARA PUTRI PRADIRI))

Olahraga Sederhana bagi Manula yang Tidak Suka Ribet dan Terlalu Diatur

Manusia usia lanjut (manula) adalah jenis manusia yang sudah berumur lebih dari 60 (enam puluh) tahun, seperti saya, lho!

Orang yang sudah berumur lebih 60 tahun umumnya sudah tidak berselera mengikuti aturan yang harus diikuti secara rutin dan terus-menerus. Aturan untuk menjaga kesehatan, aturan untuk aktivitas, dan sebagainya umumnya dihindari atau dijauhi.

Manula ingin hidup dengan caranya sendiri. Informasi model apa pun akan ditepis atau dihindari jika belum diyakini kebenarannya atau diakui sesuai pikirannya. Usia yang sudah "tua" dianggap sudah cukup dalam hal pengetahuan dan informasi.

Untuk itu, perlu berhati-hati memberikan informasi kepada para manula. Informasi yang tidak "cocok" dengan informasi yang sudah didapatkan sebelumnya akan mudah ditolak dan tidak diakui! Nah, itu berlaku tidak untuk semua orang, lho! Itu manula pada umumnya.

Saya pribadi selalu cek dan ricek setiap ada informasi yang saya terima, khususnya terkait dengan kesehatan, lebih khusus berkaitan dengan jenis-jenis olahraga yang cocok bagi manula.

Banyak informasi dari dunia maya (internet) yang menginformasikan bahwa semua orang, termasuk manula perlu melakukan olahraga secara rutin setiap pekan. Maksudnya, dalam satu pekan harus terpenuhi sekian jam waktu untuk berolahraga. Hal itu sering diinformasikan oleh ahli kesehatan. 

Olahraga Sederhana bagi Manula

Bukan rahasia lagi, olahraga jalan kaki adalah jenis olahraga sederhana yang paling disarankan oleh para ahli kesehatan.

Dengan berjalan kaki, semua organ tubuh akan dapat ikut bergerak dan tidak perlu biaya khusus. Mungkin hanya diperlukan sepatu atau alas kaki yang nyaman.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline