Lihat ke Halaman Asli

Suprihadi SPd

Selalu ingin belajar banyak hal untuk dapat dijadikan tulisan yang bermanfaat.

Hari Minggu Menikmati Wisata Kuliner Makanan Jadul di Loka Batari Klaten

Diperbarui: 23 Juni 2024   08:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tukar uang dulu sebelum belanja (dokpri)

Hari Minggu Menikmati Wisata Kuliner Makanan Jadul di Loka Batari Klaten


Loka Batari adalah sebuah objek wisata kuliner tradisional yang berada di Dukuh PTG (Padakan, Tegal Arum, dan Gatak),Desa  Janti, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Inisiatif mendirikan Loka Batari berasal dari Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) RW 4 Dukuh Padakan, Sri Mulatsih pada tahun 2023. Bu Mulat hobi memasak. Kemudian mengajak ibu-ibu tetangga di sekitar rumahnya untuk mendirikan tempat wisata kuliner tersebut.

Dokpri

Loka Batari merupakan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang dikembangkan oleh ibu-ibu warga tiga dukuh tersebut. Oleh karena itu nama tempat atau lokasi tempat berjualan diberi nama Loka Batari (loka=tempat, batari=bidadari). Tempat para wanita yang berkarya.

Pada objek wisata Loka Batari disediakan berbagai makanan dan minuman yang akan memberikan kenangan kuliner tradisional Tempoe Doeloe.

Jajanan yang Disediakan Loka Batari

Kuliner yang disediakan pada objek wisata Loka Batari antara lain: gethuk, aneka bubur, lupis, klepon, ketan, sego liwet, gudeg, pecel, aneka kripik, dan aneka sayur masak. Berbagai jajanan tradisional seperti itu memang dapat kita jumpai juga pada pasar tradisional pada hari dan jam tertentu di tempat lain. Namun, suasana tradisional pada objek wisata Loka Batari akan memberikan kesan yang berbeda.

Pemandangan sekitar tempat berjualan aneka makanan tradisional itu masih alami. Ada persawahan, kolam ikan, dan aliran sungai kecil yang dapat membangkitkan kenangan masa kecil di desa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline