Lihat ke Halaman Asli

Suprihadi SPd

Selalu ingin belajar banyak hal untuk dapat dijadikan tulisan yang bermanfaat.

Satu Ekor Sapi Jenis Limosin Ikut Dipotong dalam Qurban SIT Nurul Hikmah Penajam

Diperbarui: 19 Juni 2024   20:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sapi siap direbahkan (dok SIT Nurul Hikmah)

Satu Ekor Sapi Jenis Limosin Ikut Dipotong dalam Qurban SIT Nurul Hikmah Penajam

Satu ekor sapi jenis limosin seharga Rp 33.000.000 (tiga puluh tiga juta rupiah) ikut dipotong atau disembelih pada Iduladha 1445 H di Sekolah Islam Terpadu Nurul Hikmah Penajam. Jumlah keseluruhan sapi yang dipotong adalah lima ekor dan kambing satu ekor.

Pelaksanaan penyembelihan hewan qurban tersebut pada hari Rabu (19/6/2024) di SIT (Sekolah Islam Terpadu) Nurul Hikmah, Kelurahan Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur.

Ketua Panitia (dok SIT Nurul Hikmah)

"Ada tiga ekor sapi  dan satu ekor kambing yang murni qurban. Kemudian satu ekor sapi sumbangan Pj. Bupati PPU, Makmur Marbun. Selanjutnya satu ekor sapi jenis limosin yang merupakan hasil sumbangan dari para siswa," demikian disampaikan Ketua Panitia, ustaz Taufiqurrahman seperti yang ditulis Group Penajam Terkini+.

Dok SIT Nurul Hikmah

Proses penyembelihan mengikuti pedoman syariah untuk memastikan hewan qurban disembelih dengan benar sesuai ajaran Islam. Demikian disampaikan oleh Ketua Panitia yang merupakan guru PAI SMPIT Nurul Hikmah.

Daging qurban langsung dibagikan kepada para Mudhohhi (orang yang berqurban), masyarakat sekitar SIT Nurul Hikmah, dan internal sekolah.

Alat Pemotong Daging dan Tulang

Dalam proses pemotongan daging dan tulang tampak ada alat berupa mesin pemotong daging dan tulang portabel. Ada beberapa orang tampak dalam gambar sedang melakukan proses pemotongan daging dan tulang hewan qurban.

Dok SIT Nurul Hikmah

Dok SIT Nurul Hikmah

Hal itu merupakan sesuatu yang istimewa. Pada tempat qurban yang lain belum tentu digunakan mesin pemotong serupa, kecuali di RPH (Rumah Potong Hewan) yang sudah dipastikan memakai mesin pemotong untuk memudahkan dan mempercepat proses penyembelihan hewan, khususnya sapi.***

Ditulis di rumah ibunda Klaten, 19 Juni 2024

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline