Lihat ke Halaman Asli

Suprihadi SPd

Selalu ingin belajar banyak hal untuk dapat dijadikan tulisan yang bermanfaat.

Khotbah Idul Adha Menggunakan Bahasa Jawa di Lapangan Birin, Karanglo, Klaten, Jawa Tengah

Diperbarui: 17 Juni 2024   18:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Khotbah Iduladha Menggunakan Bahasa Jawa di Lapangan Birin, Karanglo, Klaten, Jateng

Sebagai orang yang sudah cukup lama tinggal di Kalimantan, saya sangat senang dapat mendengarkan khotbah Iduladha dengan menggunakan bahasa Jawa (17/6/2024). Selama tinggal di Kalimantan, saya sangat jarang mendengarkan khotbah dalam bahasa Jawa.

Satu hal lagi yang menarik, pelaksanaan salat Iduladha dilaksankan di tanah lapang. Ini jarang saya temukan selama saya tinggal di Kalimantan. Saat salat Idulfitri atau Iduladha di Kalimantan lebih sering (hampir selalu) dilaksanakan di masjid. 

Kebetulan Mudik ke Jawa

Pada hari Jumat (14/6/2024) saya dan istri tercinta mudik ke Jawa, tepatnya di rumah ibu kandung saya di Dukuh Ketinggen, Desa Karanglo, Kecamatan Klaten Selatan.

Behubung pada lebaran (Idulfitri) 2024 kami tidak mudik ke rumah ortu, saat jelang Iduladha kami mudik karena memang ingin berjumpa ibunda tercinta dan keluarga besar trah Sastro Martoyo.

Pagi-pagi hari Senin (17/6/2024) kami sudah berangkat menuju tanah lapang yang cukup luas di Birin, Desa Karanglo, Kecamatan Klaten Selatan, Jawa Tengah. Saya diboncengkan adik Winarso menuju lapangan itu.

Kami melewati persawahan yang cukup panjang selama perjalanan menuju tempat pelaksanaan salat Iduladha . Tanaman padi di kiri kanan jalan yang kami lewati masih hijau daunnya. Angin semilir sejuk pada pagi hari yang cukup cerah.

Dokpri

Tidak lama kemudian kami sudah tiba di lokasi tempat pelaksanaan salat sunah Iduladha. Banyak kendaraan sudah terparkir rapi di pinggir lapangan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline