Lihat ke Halaman Asli

Suprihadi SPd

Selalu ingin belajar banyak hal untuk dapat dijadikan tulisan yang bermanfaat.

Launching e-Presensi di SMP 1 Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur Berjalan Lancar

Diperbarui: 15 Januari 2024   21:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Launching e-Presensi di SMP 1 Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur Berjalan lancar

Pada hari Senin tanggal lima belas Januari 2024 suasana di SMP 1 Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur agak berbeda. Para siswa yang baru datang ke sekolah tampak tergesa-gesa untuk segera masuk ke halaman sekolah.

https://youtu.be/hG8vHKFdtwE?si=YWZiPCIAHjGePSDi

Kadisdikpora, Pak Alimuddin bertindak sebagai pembina upacara pada pelaksanaan upacara bendera pada hari Senin (15/1/24) itu. Namun, hujan yang tiba-tiba turun menjelang upacara berakhir membuat pelaksanaan upacara sedikit terganggu.

Istirahat sebentar (dokpri)

Pak Budi Lestarianto mengajak Pak Alimuddin beristirahat sejenak di ruang tamu kepsek sebelum pelaksanaan acara launching e-presensi siswa SMP 1 PPU. Keunggulan aplikasi presensi tersebut terkait proses pelaporan. Pada saat siswa melakukan presensi dengan Kartu Osis (ada barcode-nya), ada notifikasi yang masuk ke WA (WhatsApp) orang tua siswa tersebut. Dengan demikian, pada pukul berapa sang anak melakukan presensi akan diketahui oleh orang tuanya.

Prosesi Launching e-Presensi

Setelah beberap saat beristirahat di ruang tamu kepsek SMP 1 PPU, kami berjalan menuju tempat launching e-Presensi di samping ruang guru. Kami harus menuruni anak tangga dari lantai dua sekolah tersebut. 

https://youtu.be/NZedZ0Te2KY

Begitu kami duduk pada kursi yang sudah disiapkan, acara pun dimulai. Seorang pembawa acara menyampaikan susunan acara dan langsung memulai acara.

Acara pertama adalah sambutan kepsek SMP 1 PPU, Budi Lestarianto. Dalam sambutannya, kepsek tersebut menyampaikan bahwa aplikasi e-Presensi siswa merupakan aplikasi pertama yang digunakan di sekolah untuk Kabupaten Penajam Paser Utara. Sebagai pelopor pemanfaatan IT untuk presensi elektronik, tentu SMP 1 PPU merasa bersyukur.

https://youtu.be/OmuDWjKBxlA

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline