Lihat ke Halaman Asli

Suprihadi SPd

Selalu ingin belajar banyak hal untuk dapat dijadikan tulisan yang bermanfaat.

Mudik dari Kalimantan, Tiba di Yogya Wajib Naik Kereta Api

Diperbarui: 4 September 2023   21:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rute yang dilewati commuter line Yogya-Solo (dokpri)

Mudik dari Kalimantan, Tiba di Yogya Wajib Naik Kereta Api

Saya tinggal di Kalimantan sejak tahun 1987. Selama berada di Kalimantan saya belum pernah naik kereta api karena memang di Pulau Kalimantan belum ada sarana transportasi penumpang bernama kereta api. Wacana untuk pengadaan rel kereta api pernah mengemuka. Namun hingga awal September 2023 belum ada kabar beritanya lagi.

Hampir setiap tahun saya mudik ke Klaten. Hal itu saya lakukan karena ibu kandung masih ada. Dengan demikian, sebagai anak yang harus berbakti kepada orang tua, saya berusaha menyempatkan waktu untuk mudik ke Klaten. 

Pada lebaran tahun 2022 Covid-19 belum mereda. Namun, semangat untuk berbakti kepada orang tua tidak dapat dibendung. Persyaratan untuk dapat melakukan perjalanan pun dapat saya penuhi. Tidak ada alasan untuk tidak mudik. Kondisi badan saya juga sehat. Tidak ada keluhan seperti gejala orang yang terkena Covid-19. Vaksin minimal juga sudah saya lakukan.

Pada tanggal dua Mei 2022 saya berangkat dari Kalimantan. Istri dan anak-anak tidak ada yang ikut. Istri sudah mengizinkan saya berangkat seorang diri. Kebetulan kedua mertua sudah tiada. Perjalanan dimulai pada pagi hari. Penerbangan pesawat dari bandara SAMS (Sultan Aji Muhammad Sulaiman) Sepinggan, Balikpapan berjalan lancar. Para penumpang saling menjaga diri sehingga tidak ada kontak fisik secara langsung dengan penumpang lain.

Tiba di bandara Kulon Progo saya sangat senang karena baru pertama kali  menginjakkan kaki di bandara baru tersebut. Suasana baru membuat saya terkagum-kagum. Bandara Kulon Progo sangat berbeda jauh dengan bandara Adisucipto atau lebih terkenal dengan nama bandara Maguwo Yogyakarta yang sempit. Bandara Kulon Progo begitu luas dan bangunannya artistik.

Cari Informasi Transportasi ke Klaten

Sebelum saya meninggalkan Pulau Kalimantan, saya sudah mencari informasi terkait transportasi dari bandara Kulon Progo (YIA) ke Klaten, Jawa Tengah. Jarak yang lebih jauh dibandingkan dengan bandara Maguwo ke Klaten membuat saya harus banyak referensi. Saya merasa beruntung karena akses informasi begitu mudah diperoleh di dunia maya (internet).

Kendaraan dari bandara Kulon Progo ke Klaten saya banding-bandingkan antara bus dan kereta api. Waktu tempuh yang terutama saya perhatikan. Ternyata waktu tempuh kendaraan bus ke Klaten cukup lama dan harga tiket mahal. Kemudian saya mencari informasi kendaraan kereta api.

Saya benar-benar kaget saat mengetahui waktu tempuh kereta api cukup cepat dibandingkan bus. Selain waktu yang singkat, ternyata ongkos atau biaya naik kereta api jauh lebih murah.

Tahap selanjutnya, saya mencari tahu jadwal keberangkatan kereta api dari bandara Kulon Progo ke stasiun Tugu dan kereta api dari stasiun Tugu Yogyakarta ke Solo yang selalu melewati Klaten.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline