Lihat ke Halaman Asli

Suprihadi SPd

Selalu ingin belajar banyak hal untuk dapat dijadikan tulisan yang bermanfaat.

Rapat Kerja Sekolah Binaan Astra di Balikpapan

Diperbarui: 24 Agustus 2023   15:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Rapat Kerja Sekolah Binaan Astra di Balikpapan

Pada hari Kamis (24/8/23) berlangsung acara pembukaan Rapat Kerja (Raker) Sekolah binaan Astra di hotel Zurich, Balikpapan, Kalimantan Timur. Acara seremoni pembukaan dimulai pukul 13.00 Wita. Ada dua SMP binaan Astra di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim,  yaitu SMP 2 PPU dan SMP 27 PPU.

Selaku pengawas pembina SMP 27 PPU, saya diminta untuk mewakili disdikpora membuka acara Raker tersebut. Saya merasa bersyukur karena dapat melaksanakan tugas dengan lancar. Sebelum acara dibuka, ada urut-urutan seremoni seperti kegiatan resmi yang lain, yaitu pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan doa, dan sambutan dari perwakilan Astra Internasional yang diwakili oleh Pak Budi. Pak Budi adalah Koordinator SD, SMP dalam program Yayasan Pendidikan Astra (YPA).

Pembawa acara (dokpri)

Pembacaan Doa (dokpri)

Pak Nanang Faisol, Suprihadi, Mokhamad Syafii

Selesai acara seremoni pembukaan, Pak Budi memaparkan materi terkait Raker. Tayangan ppt. (Power Point) cukup jelas terbaca. Saya ikut memperhatikan halaman demi halaman tayangan yang cukup menarik tampilannya tersebut. Skema, bagan, dan warna-warni ppt. membuat mata nyaman untuk memperhatikan. 

Pak Budi memaparkan materi (dokpri)

Ada dua kelompok peserta. Peserta dari SMP 27 PPU membentuk satu "lingkaran" kecil karena jumlah peserta di bawah sepuluh orang. Kemudian, peserta dari SMP 2 PPU membentuk formasi saing berhadapan dengan meja yang disusun memanjang.

Setelah Istirahat Langsung Action

Rapat perlu "merapatkan" atau mendekatkan tempat duduk agar mudah berkomunikasi. Untuk kelompok SMP 27 PPU, temat duduk tidak perlu diubah susunannya mengingat jumlah guru memang di bawah sepuluh orang. Berbeda dengan SMP 2 PPU dengan jumlah guru lebih dua puluh orang, perlu ada perubahan formasi. Semula jarak antarmereka agak renggang. Kemudian, Pak Supardi "merapatkan" tempat duduk mereka. Tepatnya, meja digeser lebih rapat. 

Guru SMP 27 PPU (dokpri)

Mulai pukul 16.00 Wita dua kelompok itu mulai melakukan perbincangan untuk menyusun program kerja satu tahun ke depan. Analisis SWOT merupakan akativitas yang sedang mereka lakukan.

Guru SMP 27 PPU (dokpri)

Untuk pengambilan gambar guru SMP 2 PU saya perlu bergerak dari tiga sisi berbeda agar semua wajah dapat tampak dalam foto. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline