Lihat ke Halaman Asli

Suprihadi SPd

Selalu ingin belajar banyak hal untuk dapat dijadikan tulisan yang bermanfaat.

Memasuki Tanggal Satu Ingin Menulis Buku

Diperbarui: 1 Agustus 2023   05:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salah satu kaver buku (dokpri)

Memasuki Tanggal Satu Ingin Menulis Buku

Hari Selasa bertepatan dengan tanggal satu bulan Agustus 2023. Ada sebuah keinginan untuk menulis buku (lagi). Cukup lama sudah saya tidak menulis buku. Keinginan itu begitu menggebu. Usai menikmati sarapan pagi, saya pun segera duduk di depan laptop untuk menulis artikel ini.

Persiapan Sederhana

Setiap akan menulis buku, saya tidak melakukan persiapan yang "heboh". Hanya ketersediaan waktu yang dibutuhkan. Dengan mengalokasikan waktu pada jam-jam tertentu, saya sudah dapat memulai menulis untuk sebuah buku. Ide akan muncul setelah kata pertama diketikkan.

Biasanya saya akan mengetik beberapa kalimat tanpa dilihat kembali. Terus saja mengetik untuk menumpahkan ide yang ada di kepala. Setelah tidak ada kalimat lagi yang dituliskan, barulah saya berhenti beberapa saat. Untuk melanjutkan kalimat berikutnya, saya akan mencari "pancingan" dengan membaca ulang mulai kalimat pertama yang sudah dituliskan.

Ide-ide akan muncul begitu ada pemicu dari kalimat yang sudah dituliskan. Demikian seterusunya hingga halaman terakhir buku. Tampak sederhana dan tidak membuat repot.

Topik Apa Saja

Untuk menghasilkan sebuah buku, topik apa pun dapat dipilih. Kita dapat melihat-lihat judul berita terkini. Dengan memperhatikan beberapa judul yang ada kemiripan, dapatlah kita mengambil suatu kesimpulan tentang topik apa yang dapat kita olah menjadi sebuah buku yang menarik.

Jika Anda menyukai politik, pilihlah topik yang tidak menggurui tetapi penting untuk diketahui para calon pemilih muda (pemilih pemula). Menjelang pemilu 2024 tentu banyak calon pemilih baru yang masih "buta" terhadap hiruk-pikuk politik di Indonesia. Dengan memberikan pencerahan yang netral, buku kita kemungkinan besar akan laku di pasaran.

Contoh topik politik sederhana sekitar pemilu 2024:

Haruskah generasi muda mencoblos dalam pemilu?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline