Lihat ke Halaman Asli

Suprihadi SPd

Selalu ingin belajar banyak hal untuk dapat dijadikan tulisan yang bermanfaat.

"Coaching" dengan Kepala Sekolah

Diperbarui: 10 Juni 2023   21:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Coaching dengan Kepala Sekolah

Bimbingan dari seseorang kepada orang lain memiliki ragam istilah. Ada mentoring, konseling, dan coaching. Orang yang melakukan mentoring disebut mentor. Peserta mentoring disebut mentee. Kemudian, orang yang melakukan konseling disebut konselor. Peserti konseling disebut konseli.

Dalam kegiatan mentoring, sang mentor membagikan pengalaman dalam bidang tertentu yang ingin dikuasai oleh mentee. Kemudian, dalam konseling, sang konselor membantu secara langsung permasalahan yang dihadapi oleh konseli.

Bagaimana dengan aktivitas coaching? Dalam coaching, orang yang melakukan pendampingan disebut coach. Peserta atau orang yang didampingi dalam coaching disebut coachee.

Dalam Program Sekolah Penggerak dan IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka), istilah coaching digemakan. Seorang kepala sekolah perlu melakukan coaching kepada para guru di sekolah. Kemudian diharapkan para guru juga melakukan coaching kepada peserta didik.

Para pengawas sekolah yang selama ini sudah terbiasa melakukan monitoring dan evaluasi (monev) diarahkan untuk melakukan  coaching kepada para kepala sekolah binaannya.

Baca juga: peran-coaching-dalam-pendidikan-yang-memerdekakan/

Pada hari Kamis tanggal delapan Juni 2023, saya diajak Pak Mokhamad Syafii berkunjung ke sekolah binaannya di wilayah Kelurahan Sotek, yaitu SMP 7 PPU. Pak Sukaryadi, kepsek SMP 7 PPU memberitahukan pada hari sebelumnya, saat MKKS di SMP 13 PPU agar Pak Mokhamad Syafii bisa hadir di SMP 7 PPU pada saat acara penyampaian pengumuman kelulusan peserta didik kelas sembilan tahun pelajaran 2022/2023.

Dokpri

Perjalanan dari Penajam ke Sotek cukup lancar. Jalanan yang kami lalui cukup ramai karena hari masih pagi. Anak-anak sekolah dan para pegawai kantor masih banyak yang berada di jalan raya dengan kendaraan masing-masing.

Dokpri

Tiba di pintu gerbang sekolah, saya menyempatkan waktu untuk memotret papan nama sekolah yang berada di dekat pintu pagar. Pak Sukaryadi yang menyambut langsung kedatangan kami di pintu gerbang. Kami langsung dibawa ke ruang tamu kepsek. Pada saat itu peserta didik kelas tujuh dan delapan masih mengikuti asesmen sumatif.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline