Lihat ke Halaman Asli

Suprihadi SPd

Selalu ingin belajar banyak hal untuk dapat dijadikan tulisan yang bermanfaat.

Acara Tukar Kado

Diperbarui: 11 Desember 2022   19:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Acara Tukar Kado

Siapa tidak suka diberi kado? Semua orang normal pasti akan sangat bahagia saat menerima kado. Sekecil apa pun kado itu, orang akan menerima dengan hati berbunga-bunga. Kado adalah hadiah atau pemberian dari seseorang (instansi/institusi/sekelompok orang) kepada orang lain.

Umumnya kado diberikan kepada seseorang yang sedang berulang tahun, melahirkan, menikah, khitan, purnatugas/pindah kerja, atau pindah rumah. Macam dan model kado disesuaikan dengan dana yang disiapkan. Jenis kado sesuai kondisi yang sedang dialami oleh yang akan diberi kado (ibu melahirkan, pasangan menikah, atau yang lain).

Tahukah Anda, kata kado berasal dari bahasa Prancis, cadeaux yang bermakna hadiah. Pernak-pernik kado cukup banyak, misalnya pembungkus kado. Begitu banyak jenis pembungkus kado, mulai dari bahan kertas, plastik, kain, dan sebagainya. Warna-warni kado juga beragam, mulai warna yang mencolok, sederhana, hingga warna berkesan mewah.

Tukar Kado

Pada suatu pertemuan atau kegiatan sering diadakan acara selingan berupa tukar kado. Acara ini banyak dilakukan untuk menambah suasana semakin meriah. Dalam acara tukar kado, biasanya sudah ditentukan atau disepakati, kado harus berisi ini atau itu dengan nilai nominal maksimal sekian rupiah. Hal itu penting untuk menyamakan nilai (harga) kado yang akan disiapkan oleh peserta pertemuan.

Peserta didik mulai tingkat PAUD, SD, SMP, hingga SMA sering mengikuti kegiatan tukar kado. Para orang tua, termasuk guru pun tidak ketinggalan.

Dalam acara MGMP mata pelajaran bahasa Indonesia jenjang SMP/MTs Kabupaten Penajam Paser Utara tanggal 10 Desember 2022 diadakan pula acara Tukar Kado dengan ketentuan nilai barang maksimal dua puluh lima ribu rupiah.  

dokpri

Usai acara MGMP, beberapa guru mengirimkan foto kado yang diperolehnya ke WAG MGMP BINDO. Mula-mula Bu Musriatun, guru SMP 13 PPU. Ia menyatakan begitu suka dengan kado yang diperolehnya berupa stoples kue.

dokpri

Dua menit kemudian, Bu Rini Nurmainingtyas, guru SMP ITCI membagikan foto kado yang diterimanya berupa sepasang gelas cantik. Saat berangkat ke acara MGMP di Pantai Nipah-Nipah tersebut Bu Rini diantarkan suaminya, kepsek SMP ITCI, Pak Winarso. Saat itu saya baru saja tiba di tempat parkir. Saya dan Pak Winarso berbincang cukup lama di tempat parkir kendaraan itu.

dokpri

Tiga menit kemudian, Bu Mariana, guru SMP 2 PPU mengirimkan foto kado yang diperolehnya berupa gantungan pakaian yang cantik. Lokasi SMP 2 PPU di Kecamatan Sepaku. Cukup jauh perjalanan yang harus ditempuh Bu Mariana ke lokasi acara.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline