Lihat ke Halaman Asli

Suprihadi SPd

Selalu ingin belajar banyak hal untuk dapat dijadikan tulisan yang bermanfaat.

Perjalanan Naik Kapal Feri

Diperbarui: 7 Oktober 2022   15:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi

Perjalanan Naik Kapal Feri

Sarana transportasi dari Kabupaten Penajam Paser Utara menuju Kota Balikpapan cukup banyak. Sarana melewati perairan banyak pilihan. Jika ingin cepat bisa naik speedboat dari dermaga Penajam menuju dermaga Kampung Baru Tengah. Waktu yang dibutuhkan sekitar tujuh menit saja. Sarana itu untuk angkutan orang.

Bila membawa kendaraan sepeda motor, bisa memanfaatkan kapal klotok (kapal kayu) dari Dermaga Penajam menuju dermaga Kampung Baru Tengah juga. Waktu yang ditempuh sekitar dua puluh lima menit.

Untuk perjalanan yang menggunakan mobil, baik mobil kecil, sedang, truk, bahkan bus, dapat memanfaatkan kapal feri. Untuk angkutan jenis ini, kita harus bersabar karena waktu yang dibutuhkan relatif lama, bergantung antrean masuk dan keluar kapal feri. Rata-rata dibutuhkan waktu tujuh puluh menit perjalanan dengan kapal feri dari pelabuhan Penajam menuju pelabuhan Kariangau kilometer 13 di Kota Balikpapan.

Pada hari Kamis tanggal enam Oktober 2022, kami melakukan perjalanan dengan kapal feri dari Penajam ke Balikpapan. Enam orang yang menumpang mobil dinas SMP 1 PPU naik di tempat yang tidak sama, mengingat rumah kami berjauhan.

Dok Pribadi

Saya dijemput di depan kantor inspektorat kabupaten. Mobil yang dikemudikan oleh Pak Sugeng Mardisantoso selanjutnya singgah di SMP 1 PPU. Ada kudapan yang dititipkan di sana. Seorang guru SMP 9 PPU menitipkan kue-kue basah kepada petugas di resepsionis SMP 1 PPU. Bu Kusmiati yang memesan kue-kue itu untuk dititipkan ke sana.

 

Baca juga: Agenda Munas V APSI 2022 

 

Hanya sebentar mobil berhenti di depan gerbang SMP 1 PPU. Selanjutnya mobil berplat merah itu langsung menuju pelabuhan kapal feri. Mobil kami harus mengikuti antrean untuk membeli tiket.

"Berapa sekarang harga tiketnya?" tanya Bu Kusmiati kepada petugas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline