Lihat ke Halaman Asli

Supriyono

Kuliah Kerja Nyata Universitas Boyolali

Edukasi Pengolahan Sampah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Desa Gemawang

Diperbarui: 15 Maret 2022   21:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber : Dokumen pribadi

Semarang-Sampah merupakan sebuah sisa yang tidak digunakan setelah digunakan sebuah produk dalam suatu proses tertentu. Sampah merupakan sebuah masalah sosial yang sulit untuk diatasi dan menimbulkan dampak yang merugikan terhadap apapun yang tercemar olehnya.

Pada kegiatan Pengabdian masyarakat yang dilakukan Desa Gemawang, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang yang diadakan pada tanggal (03/02/2022) memiliki tujuan untuk mengtasi masalah terkait sampah dengan cara penyuluhan dan sosialisasi pengolahan sampah untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat desa gemawang.

Kegiatan diawali dengan diadakan sebuah sosialisasi pengolahan sampah yang dihadiri oleh para masyarakat desa gemawang dan di narasumberi oleh pihak perwakilan pemerintah desa. Sosialisasi ini bermanfaat supaya masyarakat bisa mengolah sampah dengan baik dan sampah dapat diolah menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis.

“Kegiatan sosialisasi pengolahan sampah ini dibantu oleh pihak pemerintah desa dengan memberikan bantuan sebuah tempat sampah gratis untuk setiap kepala keluarga dan berikan bantuan dana dalam membuat bank sampah untuk setiap dusun dalam rangka mewujudkan pengolahan sampah yang baik” Ujar salah salah satu perangkat desa yang ikut hadiri di kegiatan sosialisasi pengolahan sampah.

kegiatan dilanjut dengan kegiatan penyuluhan terkait dampak sampah terhadap kesehatan. Penyuluhan ini menyasar kepada warga yang memiliki anak balita dan orang lanjut usia. Penyuluhan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan dalam menjaga kesehatan bersama.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline