Lihat ke Halaman Asli

Supriadi SPd

pemerhati pendidikan

Koneksi Antar Materi Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

Diperbarui: 11 September 2024   11:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Assalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, 

Salam dan bahagaia

kembali pada kesempatan ini, Saya Supriadi. Calon Guru Penggerak Angkatan 10 dari Kabupaten Bone Sulawesi Selatan. Saya akan berbagi tulisan terkait Koneksi Antar Materi modul 3.3 pada LMS Pendidikan Guru Penggerak yang sudah saya pelajari tentang Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid.

Kreativitas hanyalah menghubungkan berbagai hal. Ketika Anda bertanya kepada orang-orang kreatif bagaimana mereka melakukan sesuatu, mereka merasa sedikit bersalah karena mereka tidak benar-benar melakukannya, mereka hanya melihat sesuatu. Sesuatu itu tampaknya jelas bagi mereka setelah beberapa saat. Itu karena mereka dapat mengkoneksikan pengalaman yang mereka miliki dan mensintesis hal-hal baru."
 -Steve Jobs-

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat melakukan koneksi antarmateri yang telah dipelajari dari modul-modul sebelumnya untuk membuat sintesa pemahaman tentang program sekolah yang berdampak pada murid.

Pertanyaan Pemantik: Bagaimana saya dapat mengaitkan intisari dari materi modul-modul guru penggerak yang telah saya pelajari untuk menjadi landasan teori bagi rencana program/kegiatan yang berdampak pada murid yang saya buat?  

Pada Kesempatan ini Saya akan melakukan kilas balik dan mereview kembali modul-modul sebelumnya serta mengaitkannya satu sama lain untuk kemudian membuat sebuah sintesa pemahaman. 

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan-pertanyaan yang dapat memandu Saya saat melakukan refleksi.

  1. Bagaimana perasaan Anda setelah mempelajari modul ini?
  2. Apa intisari yang Anda dapatkan dari modul ini?
  3. Apa  keterkaitan yang dapat Anda lihat antara modul ini dengan modul-modul sebelumnya?
  4. Setelah melihat keterkaitan antara modul ini dengan modul-modul lainnya jelaskanlah perspektif Anda tentang program yang berdampak positif pada murid. Bagaimana seharusnya program-program atau kegiatan sekolah harus direncanakan, dilaksanakan, dan dievaluasi agar program-program tersebut dapat berdampak positif pada murid?

Harapan Saya pengetahuan, konsep, keterampilan, dan berbagai nilai-nilai yang telah Saya pelajari di modul-modul lain dapat memperkaya tulisan reflektif tersebut.

1. Bagaimana Perasaan Saya Setelah Mempelajari Modul Ini?

 A. Refleksi pengalaman/materi pembelajaran yang baru saja Saya peroleh/pelajari pada modul 3.3

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline