Lihat ke Halaman Asli

Supriadi SPd

pemerhati pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

Diperbarui: 7 September 2024   11:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam dan bahagia!

Saya Supriadi, S.Pd., M.Pd, Calon Guru Penggerak Angkatan 10 Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan.

Kembali pada kesempatan ini saya akan menulis Jurnal Refleksi Dwi Mingguan pada modul 3.3 Pengelolaan Program Yang Berdampak Positif Pada Murid. Dalam jurnal ini, saya akan merefleksikan diri setelah dua minggu terakhir ini mengikuti Pendidikan Program Guru Penggerak (PGP) yang dirangkai dalam bentuk kegiatan LMS. Tugas ini menjadi bagian rutin yang harus saya kerjakan sebagai Calon Guru Penggerak (CGP), di mana saya harus menuliskan refleksi diri setiap dua minggu sekali.

 Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 4F (Fact, Feeling, Findings, and Future), yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway. 4F ini biasa juga diterjemahkan menjadi 4P yakni : Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan Penerapan.

Berikut jurnal refleksi dwi mingguan modul 3.3. dengan topik Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Siswa.

1. Fact (Peristiwa)

Modul 3.3, yang merupakan modul penutup pada pelatihan Program Pendidikan Guru Penggerak,(PGP) yang menitikberatkan pada pengelolaan program yang memberikan dampak positif pada murid. Sama dengan modul-modul sebelumnya, Modul 3.3 ini juga mengikuti alur MERDEKA,dimulai dari diri sendiri. 

Dalam tahap awal ini, para peserta Pendidikan CGP diajak untuk merenungkan dua pertanyaan penting, yakni: apa yang dimaksud dengan program yang berdampak pada murid dan bagaimana hal tersebut terkait dengan kepemimpinan murid (student agency).Kemudian, dalam eksplorasi konsep, CGP memperdalam pengetahuan tentang cara menyusun program yang benar-benar memberikan dampak positif bagi murid. 

Kami para Calon Guru Penggerak diharapkan memahami bagaimana mengembangkan agensi siswa dengan mempertimbangkan tiga aspek penting yang dimiliki oleh murid, yaitu suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership). Modul ini juga mencakup informasi tentang lingkungan yang mendukung pertumbuhan kepemimpinan murid, dan menggarisbawahi pentingnya keterlibatan komunitas dalam membantu murid mengembangkan kepemimpinan mereka. 

Dalam forum diskusi eksplorasi konsep, kami, peserta Pendidikan Guru Penggerak berkesempatan untuk membagikan pengalaman kami mengenai program atau kegiatan yang telah diimplementasikan di sekolah masing-masing  yang memberikan dampak positif pada murid. Peserta lain memberikan umpan balik konstruktif berdasarkan penjelasan yang diberikan oleh rekan CGP yang lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline