Lihat ke Halaman Asli

Supriadi SPd

pemerhati pendidikan

Koneksi antar Materi Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Diperbarui: 27 Agustus 2024   21:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Modul 3.2 (Foto dokumentasi)

Assalamu Alaikum Warahma dari tullahi Wabarakatuh

Pada kesempatan kali ini saya, Supriadi, S.Pd., M.Pd, Calon Guru Pengggerak angkatan 10 dari kabupaten Bone provinsi Sulawesi Selatan akan membuat kaitan atau koneksi antar materi pada modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya pada Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) yang merupakan tugas mandiri sesuai dengan LMS - Merdeka Mengajar. Berikut Pembahasannya:

3.2.j. Koneksi Antar Materi - Modul 3.2

Durasi : 2 JP (90 menit)
Moda : Mandiri -  Konferensi
Tujuan Pembelajaran Khusus:  CGP mampu menghubungkan materi modul ini dengan modul-modul yang didapatkan sebelumnya.

1. Buatlah kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan ‘Pemimpin Pembelajaran dalam Pengelolaan Sumber Daya’ dan bagaimana Anda bisa mengimplementasikannya di dalam kelas, sekolah, dan masyarakat sekitar sekolah. 

Sumber daya dalam sebuah komunitas, seperti sekolah, adalah suatu kesatuan yang utuh. Dalam pengelolaannya, seorang pemimpin harus mampu mengelola sumber daya tersebut dengan baik. Pemanfaatan sumber daya yang ada menjadi modal dasar untuk membangun, mengembangkan, dan memajukan komunitas tersebut. Pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya ini harus berfokus pada manfaat bagi peserta didik.

Ekosistem sekolah terdiri dari berbagai sumber daya yang saling terhubung secara timbal balik dan bergantung satu sama lain. Hubungan timbal balik ini terjadi antara komponen biotik dan abiotik untuk menciptakan ekosistem yang seimbang dan dinamis. Interaksi yang baik antara kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, peserta didik, orang tua, pengawas sekolah, serta masyarakat sekitar dengan komponen abiotik sekolah (seperti keuangan, sarana dan prasarana, serta lingkungan) akan sangat menentukan keberhasilan pencapaian visi dan misi sekolah, termasuk dalam kegiatan pembelajaran.

Ada tujuh modal utama sekolah yang meliputi modal; manusia, sosial, agama dan budaya, politik, lingkungan, fisik, serta finansial, perlu dikelola dengan baik oleh pemimpin pembelajaran sebagai aset atau kekuatan sekolah. Oleh karena itu, sebagai seorang pemimpin pembelajaran, penerapan Pendekatan Berbasis Aset dalam pengelolaan sumber daya adalah penting, dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia untuk menggali potensi dalam menciptakan pembelajaran yang berkualitas.

Pemimpin pembelajaran dalam pengelolaan sumber daya adalah seorang manajer yang menerapkan pendekatan berbasis aset/kekuatan untuk mengidentifikasi sumber daya di sekitarnya, sehingga dapat menggali potensi yang ada dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.

a. Implementasi di Kelas

  1. Menggunakan sarana prasarana dengan cara yang efektif dan efisien.

  2. Mengoptimalkan kolaborasi antara guru dan siswa dalam menjalankan suatu kegiatan.

  3. Memanfaatkan kas kelas untuk kepentingan bersama secara efektif.

  4. Meningkatkan potensi dan kreativitas siswa dalam melaksanakan kegiatan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline