Lihat ke Halaman Asli

Perbedaan Antara Internet dan Intranet

Diperbarui: 26 Juli 2019   17:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Masih banyak orang yang berpikir bahwa Internet dan Intranet adalah sama. Ada juga yang masih belum tahu di mana bedanya. Perbedaan paling mendasar antara keduanya adalah siapa yang dapat mengaksesnya. Setiap orang dapat mengakses Internet, sementara beberapa pengguna yang telah lulus verifikasi tidak dapat mengakses intranet. Inilah perbedaan utama antara Internet dan intranet.

Internet menghubungkan berbagai jaringan komputer di seluruh dunia, sementara intranet hanya menghubungkan beberapa komputer yang dimiliki jaringan komputer tertentu, seperti komputer yang termasuk dalam jaringan komputer perusahaan.

Intranet adalah bagian dari Internet, tetapi bukan sebaliknya.

Setiap orang dapat mengakses Internet, sementara intranet hanya dapat diakses oleh anggota organisasi atau karyawan perusahaan. Biasanya, untuk mengakses intranet, pengguna harus masuk terlebih dahulu.

Keamanan internet sangat rapuh karena aksesibilitasnya yang tinggi. Data dan informasi penting yang ditransfer atau dikirim melalui Internet dapat diungkapkan kepada pihak ketiga yang tidak berwenang. Keamanan intranet ditingkatkan karena aksesibilitasnya yang terbatas. Jika pihak eksternal dapat memperoleh informasi tentang server intranet, ini berarti bahwa sumber internal telah mengungkapkannya, yang membuatnya lebih mudah bagi perusahaan untuk mengidentifikasi sumber kebocoran.
Jumlah pengguna yang dapat mengakses Internet tidak terbatas, sedangkan jumlah pengguna intranet terbatas pada satu perusahaan atau organisasi.

Konten di Internet mencakup berbagai jenis dan berasal dari sumber yang berbeda. Konten tersedia untuk siapa saja yang ingin mengaksesnya. Meskipun konten intranet spesifik, itu hanya melayani kepentingan organisasi atau masyarakat. Konten intranet hanya tersedia untuk staf organisasi dan tidak ditujukan untuk publik.
Internet tidak dimiliki oleh kelompok atau organisasi tertentu. Sedangkan jaringan intranet milik organisasi atau perusahaan tertentu. Dengan demikian, jaringan internet disebut jaringan publik dan intranet disebut jaringan pribadi.

Internet dapat menggunakan berbagai teknologi jaringan seperti teknologi nirkabel, optik atau elektronik. Sementara sebagian besar intranet hanya menggunakan teknologi LAN atau WAN.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline