Lihat ke Halaman Asli

supli rahim

Orang biasa

Ikan Mungkus Hanya Ada di Bengkulu Selatan

Diperbarui: 8 Juli 2024   14:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok kompasiana.com

Bismillah,

Pagi ini jumaat 5 Juli 2024 di grup medsos Lubuk Langkap Air Nipis Bengkulu Selatan ramai pembicaraan apakah penulis pandai mengait mungkus atau tidak. 

Nah itu suatu hal yang menyangkut memori masa lalu ketika masih kecil dan bermukim di desa tercinta kami itu. Tentu saja penulis ingin menjawab keraguan para senior dan junior kami. 

Sebut Drs. Rasalusin Sinip yang kini bermukim di Lahat Sumatera Selatan dan Bandarman Sukarjo yang kini bermukim di Jombang Jawa Timur.  Suparman Wamal kini di Bangko Jambi. Mereka ini ragu apakah oenulis bisa mengait mungkus.

Belajar dari kakek

Ketika libur catur wulan tiba penulis memperoleh kesempatan untuk bekajar sejumlah teknik mencari ikan. Mulai dari menjala, mengait mungkus dan memancing serta macang taut. Menjala ikan akan dapat ikan mungkus, nggaring, palau, sepedak, beringit dll. Mengait mungkus dapat ikan mungkus, memancing doaat ikan seluang dan nggaring serta kepiat.

Tidak Mudah

Mengait mungkus tidak mudah. Pekerjaan ini perlu kesabaran dan ketekunan. Kair mungkus terbuat dari pancing yang disambungkan dengan karet ke gala atau biasan dari bambu atau dari kayu kecil panjang. Pengait menggunakan cermin untuk mengait mungkus yang biasanya menempel di batu. Pengait mesti memperkirakan ke arah mana mungkus berlari. 

Pada saat dia berlari itu pengait menarik kait mungkus mereka dengan kecepatan tinggi melintasi mungkus yang berlari ke depan atau ke samping. Di Lubuk Langkap Air Nipis kala itu banyak para pengait mungkus yang terkenal dan masih berumur muda. Sebut saja Darusman atau Andu dan Jakri atau Jak. Belum lagi para pengait lain dari lintas generasi.

Hanya ada di Bengkulu Selatan

Paling tidak ikan mungkus hanya ada di Bengkulu Selatan. Tepatnya di Seginim  Masat, Kedurang, Padang guci dan Kinal. Dengan begitu penulis meyakini bahwa mingkus terbanyak ditemui di kabupaten bengkilu selatan. Pada musim tertentu banyak mungkus segar dan asap doperdagangkan penduduk di pasar tradisional di seluruh kabupaten Bengkulu Selatan. Mungkus diperjual belikan bersama ikan lain seperti pelus, nggaring dan iksn lainnya. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline