Lihat ke Halaman Asli

supli rahim

Orang biasa

Bolehkah Hamas Memperjuangkan Nasib Palestina?

Diperbarui: 11 November 2023   03:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri,

Bismillah,

Perang antara israel dan Hamas telah berlangsung lebih dari satu bulan. Israel mendapatkam bantuan dari Amerika serikat sementara Hamas tidak memperoleh bantuan yang berarti dari dunia seperti israel mendapatkan bantuan dari AS. Pertanyaan yang perlu kita bahas adalah apakah Hamas tidak boleh mempertahankan tanah air mereka?

Siapa Hamas?

Hamas adalah gerakan rakyat Palestina yang ingin merdeka dari pendudukan Israel. Jadi mereka bukan teroris sebagaimana ditudngkan oleh israel dan pihak-pihak yang mendukung hal itu. Maka sejak saat ini kita mesti memberi ruang kepada siapa saja yang ingin memperjuangkan kemerdekaannya termasuk Hamas. Marena memperjuangkan kemerdekaan dari israel.

Membantu dan mendoakan

Sebagai umat islam dan bangsa Indonesia penulis ingin memgingatkan bahwa kita berhutang dengan Palestina karena sejumlah alasan. Pertama, negara Palestina adalah negara perta yang mengakui kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945. Kedua, mereka memberikan bantuan kepada pendiri negara Indonesia dengan sejumlah uang untuk menjalankan roda pemerintahan kala itu. Ditambah lagi alasan ketiga bahwa bahwa mayoritas penduduk Palestina adalah bergama islam. Atas dasar itu maka penulis mewakili banyak penduduk Indonesia untuk membantu rakyat Palestina dan mendoakan mereka agar dapat merdeka dari pendudukan Israel. Dunia melalui PBB harus mengakui bahwa Palestina mesti segera merdeka dari pendudukan Israel. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline