Lihat ke Halaman Asli

supli rahim

Orang biasa

Penting untuk Kita Lakukan Jika Kita Sudah Tua

Diperbarui: 16 Juni 2023   04:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Bismillah,

Umur manusia sangat cepat bertambah. Yang tadinya bayi, akan jadi anak-anak, yang tadinya anak-anak akan jadi dewaaa dan yang tadinya dewaaa akan jadi tua. Yang tua akan berpulang. Tapi urusan berpulang tak memandang umur. Bisa jadi masih kecil meninggal. Muda menginggal, dewasa meninggal dan tua meninggal. Tulisan ini mengupas hal-hal yang perlu kita perhatikan, lakukan atau tidak lakukan.

Jangan kepo

Jika kita tua maka upayakan agar tidak kepo untuk urusan anak- kenapa ini, kenapa itu, kenapa begini kenapa begitu. Percayakan kepada mereka untuk menjalani kehidupan mereka dengan baik. Mwreka ada rezeki dan jalan hidup masing-masing. Kita trust dan doa agar mereka berbahagia di dunia dan di akhirat.

Jalan-jalan untuk melihat kebesaran Allah

Jalanlah bersama pasangan. Kelilinglah ke seluruh dunia. Pergilah ke negara tetangga, pergilah ke negeri jauh. Tak lipa ajaklah pasangan keliling provinsi tetangga atau provinsi yang jauh - di barat atau di timur. Umrohlah bersama pasangan baik umroh ramadhan atau pas lagi musim dingin, biasanya pada bulan bulan desember hingga maret.

Sabar dan solat

Sabar dan solat mesti ditekuni atau dijadikan sifat utama pasangan lansia. Selain solat lima waktu yang wajib. Upayakan jangan tinggal solat qabliyah, bakdiyah, solat dhuha pagi hari, solat tahajud malam hari, solat witir, solat taubat, solat hajat dll.  

Mendekatlah selalu kepada Allah dalam segala sikap, perkataan, dan perbuatan kita. Jangan sombong, jangan bohong, jangan jahat, jangan lalai, jangan kepo dan perbanyaknya sedekah, perbanyaklah menyantuni orang miskin dan anak yatim. Berdakwalah jika ada kesempatan.

Jayalah kita semua.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline