Lihat ke Halaman Asli

Supli Rahim

Pemerhati humaniora dan lingkungan

Semua Kita Pasti Menyesal, So What Gitu Lho!

Diperbarui: 5 April 2020   09:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Bismillah,

Alhamdulillah adalah kata terbaik, doa terbaik, puji-pujian terbaik untuk kita semua, sebagai manusia yang lemah meski diberi kekuatan, yang lalai walau diajari taqwa. Allahumma shaliala muhammad wala alihi muhammad adalah selawat terbaik untuk mengurangi penyesalan kita. Terima kasihbya Allah  terima kasih ya rasulullah. Semoga pembaca selalu sehat, sejahtera dan bahagia selalu.

Mengapa menyesal?

Bapak moyang kita adalah nabi Adam as. Adam dari bahasa Arab. Bentuk tunggal yang berarti menyesal. Dalam bentuk kata kerja adalah nadama berarti menyesali atau menyesalkan. Sementara dalam bentuk jamak adalah nadimin yang berarti orang-orang yang menyesal.

Mengapa Adam menyesal? Dalam episode awal hidupnya bapak moyang manusia membuat kesalahan berjemaah dengan istrinya Hawa. Mereka berdua memakan buah larangan Allah yakni kholdi. Oleh iblis Hawa dibujuk untuk membujuk suaminya bahwa mengapa Allah melarang kalian memakan buah kholdi karena Allah tidak senang kalian kekal di dalam surga. Jika kalian memakan buah kholdi maka kalian akan kekal di dalam surga. Sebagai makhluk lemah yang Allah buat dari rusuk nabi Adam, Hawa tergoda oleh bujukan iblis. Sehingga trrjadilah pelanggaran terhadap perintah Allah yakni memakan buah larangan Allah.

Konsekuensi dari melanggar larangan Allah adalah mereka diusir dari surga. Termasuk iblis juga diusir dari surga. Kenapa iblis diusir dari surga juga karena tidak mau mentaati perintah Allah. Beda dengan Adam dan istrinya yakni mengabaikan larangan Allah. Iblis diusir karena tidak sujud kepada nabi Adam karena kesombongannya. Saya dibuat dari api sememtara Adan dari tanah.

Siapa saja yang  menyesal? 

Siapa saja yang menyesal? Maka jawaban terhadap pertanyaan ini adalah semua orang.. semua  manusia. Orang baik menyeaal. Oramg jahat apalagi. Mengapa orang baik menyesal? Karena mestinya lebih baik lagi karena nanti nalasan kebaikan itu akan beda. Beda karena kurang banyak amalan, beda karena kurang sempurnanya amalan dan beda karena tidak menjalani amalan dengan lebih lama dan lebih jauh lagi.

Orang jahat jelas menyesal? Mengapa ? Karena tidak ada balasan terhadap kejahatan kechali kejahatan juga. Balasan terhadapkejahatan adalah kejahatan yang lebih banyak. Karena itu maka pelaku kejahatan akan menderita lebih banyak dari kejahatannya? Kok begitu? Iya karena kesusahan dineraka jauh lebih susah dibanding kesusahan di dunia ini.

Tips untuk mengurangi penyesalan

Menyesal itu karena kurang yakin, kurang ikhlas, kurang ilmu, kurang sempurna, kurang sungguh-sungguh, lurang sabar dan sebagainya. Maka tips mengurangi penyesalan itu adalah swbagai berikut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline