Lihat ke Halaman Asli

Supli Rahim

Pemerhati humaniora dan lingkungan

Kinerja Wirausahawan Etnik China

Diperbarui: 5 Januari 2020   03:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok.pri

Bismillah, Alhamdulillah, Allahumma shaliala Muhammad

Tulisan ini tidak ada kaitannya dengan konflik antara Indonesia dengan Republik Rakyat China tentang Laut Natuna di Laut China Selatan. Ini murni untuk bahan kuliah mahasiswa Magister Kesehatan Masyarakat STIK Bina Husada Palembang. Mahasiswa yang mengikuti kuliah ini kebanyakan adalah ASN asal kabupaten/kota OKU, Lahat, PALI, Pagar Alam dan Palembang. 

Saya mengajak mahasiswa memahami seperti apa kinerja wirausahawan etnik China lulusan SMK asal Singkawang Kalimantan Barat. Saya mengharapkan setelah mereka membaca tulisan ini bisa meresapi faktor faktor apakah yang mempengaruhi kewirausahaan etnik China tersebut. 

Tulisan ini merupakan perasan dari jurnal ilmiah yang ditulis oleh Ahmadi pada tahun 2010. Tulisan ini menarik karena etnik China mempunyai karakter yang kuat sebagai wirausahawan. 

Sebagaimana difahamkan dari pustaka bahwa kewirausahaan atau entrepreneurship adalah keberanian untuk menciptakan usaha baru dengan menekankan kreativitas dan inovasi dengan menggunakan sumberdaya yang ada, untuk memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya.

Dengan definisi itu maka entreneurship mencakup juga penyanyi, artis, penyair atau siapapun yang menciptakan sesuatu yang baru dengan mwnekankan kreavitas dan sumberdaya yang ada.

Berdasarkan hasil evaluasi kinerja wirausahawan pada etnik china lulusan SMK Singkawang diperoleh kenyataan bahwa kewirausahaan mereka dibentuk melalui kurikulum sekolah, pwmbenukan kebiasaan, agama,dan budaya, sejarah dan tekanan hidup yang dialami etnik China Singkawang.

Setiap keluarga etnik China memiliki usaha, usaha tersebut dipimpin oleh ayah. Ayah sebagai kepala keluarga. Memimpin bisnis dibantu seluruh anggota keluarga tanpa kecuali anak anaknya sejak masih kanak kanak. 

Ternyata karakteristik wirausahawan etnik China yang diperoleh dari penelitian di atas antara lain:

Pertama, karakter percaya diri meliputi percaya diri, keyakinan, keridaktergantungan, invividualitas dan optimis.

Kedua, karakter kebutuhan terhadap prestasi yang meliputi orientasi pada hasil/keuntungan, ketekunan dan ketabahan, tekad dan kerja keras, mempunyai dorongan yang kuat, enerjik dan penuh inisiatif,

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline