Lihat ke Halaman Asli

Sejenak di Kebun Kurma

Diperbarui: 26 Juni 2015   13:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Bismillah,

Bulan ramadhan atau tidak kurma merupakan makanan kesenangan banyak orang terutama orang islam.  Di samping telah diawetkan kurma dikonsumsi dalam keadaan segar, dalam bentuk jus kardial atau dalam bentuk kue atau kata orang malaysia kek kurma. Selama ramadhan ini buah ini sangat banyak diperdagangkan dan dikonsumsi oleh umat islam sebagai makanan pembuka puasa, makanan di waktu malam hari atau sebagai oleh2 sewaktu pulang haji atau umroh. Tulisan ini mengingatkan serba-serbi khasiat kurma yang bagus kita ingatkan kembali.

Kurma adalah sejenis tumbuhan (Palma) atau dikenali dalam istilah ilmiah sebagai Phonex dactylifera yang berbuah dan boleh dimakan baik yang masak atau yang mentah. Kebanyakan pohon kurma tumbuh di negara-negara Arab dan mempunyai berbagai-bagai jenis. Di antara kurma yang terkenal ialah kurma Mekkah dan Madinah yang dikatakan mempunyai berpuluh-puluh jenis. Di kalangan penduduk di negara-negara Arab kurma adalah makanan utama mereka, malahan di kalangan orang kita juga kurma sudah menjadi bahan makanan yang digemari. Selain rasanya yang manis dan tahan lama serta tidak perlu dimasak, kurma juga mempunyai khasiat yang banyak dan menjadi makanan utama Baginda Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wasallam.

Diriwayatkan oleh  Abdullah bin Jaafar: "Aku melihat Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wasallam memakan buah-buahan dengan kurma masak.

Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wasallam telah menyebutkan tentang khasiat sejenis kurma yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari yang bermaksud :

"Diceritakan oleh Jumaah bin Abdullah yang disampaikan oleh Marwan yang mendapat berita daripada Ibnu Hashim bahwa Amir bin Saad mendengar bapaknya meriwayatkan Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda : "Barang siapa yang memakan 7 biji kurma 'Ajwah' dia akan terhindar  daripada godaan syaitan dan sihir pada hari itu".

Khasiat kurma "Ajwah" sebagaimana yang tersebut di dalam hadis di atas merupakan satu kelebihan yang dikaruniakan Allah Subhanahu Wataala sesuai dengan kemuliaannya sebagai jenis kurma pertama yang ditanam sendiri oleh Rasulullah Sallallahu'Alaihi Wasallam.

Terdapat juga di dalam al-Qur'an ayat yang menyatakan tentang kelebihan buah kurma ini, yang dialami ole Sayydatuna Maryam ketika beliau mengandung Nabi Isa 'Alaihi Salam sebagaimana tersebut di dalam surah Maryam ayat 25 :

Tafsirnya : "Dan goncangkan batang kurma itu kepadanya, nanti ia gugurkan atasmu kurma yang masak. (Surah Maryam : 25)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline