Lihat ke Halaman Asli

Supli EffendiRahim

pemerhati lingkungan dan kesehatan

Warga Lubuk Langkap di Rantau pun Selalu Mencari, Memelihara dan Mengkonsumsi Ikan

Diperbarui: 13 September 2021   05:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

tangkapan layar pribadi dari google earth

Bismillah,

Sangat beruntung jadi warga Lubuk Langkap Air Nipis Bengkulu Selatan. Mengapa?  Karena di dusun ini tersedia berbagai sumber pangan salah satunya ikan  air tawar.

Ikan sungai dan sawah

Sepanjang tahun penduduk Lubuk Langkap mencari ikan sebagai pelengkap pangan di samping beras. Beras diperolwh dari menanam padi di sawah irigasi milik sendiri. Banyak hamparan sawah yang dimiliki dan digarap warga Lubuk Langkap mulai dari ataran (hamparan) luangan, ataran ulu mandian, ataran ilir duauj, ataran sekunyit, ataran senak dan ataran palak aghahan.

Mencari Ikan

Penduduk lubuk langkap mencari ikan di sungai Air Nipis dan sungai lainnya dengan berbagai metode yakni memancing, menjala, mengail, masang bubu, memasang  taut, ngekap, bekarang atau nenjala malam hari, menggunakan tuba dan ghabai.

Pada waktu musim sawah penduduk Lubuk Langkap memasang bubu di sawah, memasang tengkalak dari bambu, memasang bubu, mengeringkan pematang sawah, mengeringkan tebat  dsb. Sejumlah penduduk menrapkan mina padi yakni gabungan ikan dan padi. Padi ditanam lebih awal baru sesudah itu menebar ikan mas, nila dsb.

Jenis jenis  ikan yang biasa di peoleh di sungai Air Nipos antara lain pelus, sepedak, mungkus, beringit, kepiyat, nggaerng, semah, keli, gabus, nila, palau, dlll.

Selain ikan

Masyarakat Lubuk Langkap juga mengkonsumsi berbagai biota air berupa gondang, ketam dan udang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline