Lihat ke Halaman Asli

Supli EffendiRahim

pemerhati lingkungan dan kesehatan

Kesehatan Masyarakat, Lingkungan dan Jamu Part 3, Sejak Kecil Sering Sakit

Diperbarui: 1 September 2021   06:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: www.bukalapak.com

Bismillah,

Pada tulisan bagian sebelumnya kita diberitahu bahwa lingkungan dan jamu terkait erat. Jamu di sini termasuk obat herbal..Saya beruntung sejak kecil sering sakit dan ayah, ibu, paman dan kakek nenek mengandalkan pengobatan dengan obat herbal. Pengobatan secara medis juga tidak tinggal.

Ingus  berdarah, Maag, diare, malaria dan flu

Sejak kecil saya menderita sakit berkepanjangan. Sakit ingus berdarah kala itu saya menyebutnya hidung berdarah. Saya menikmati sakit. Jarang mengeluh. Karena itu saya kenal banyak dengan obat herbal yang disarankan orangtua atau hasil bertanya dengan orang lain dan mendwngar radio. Google belum ada kala itu.

Jika saya sakiit semua selalu meberi perhatian krpada saya. Kakek, nenek, ayah, ibu, paman dan bibi memberikan obat untuk saya. Ada yang memijat ada yang mencari obat di hutan.  Atau dibawa ke mantri.

Jadi "dokter kleuarga"

Karena selalu sakit saya jadi terbiasa membeli obat dan vitamin..Saya selalu memberi vitamin murah keluaran pabrik IPI berupa vitamin A, B, C dan E. Ayah selalu membelikan tonikum bayer kala itu.

Selalu pijat
Bersyukur sekali saya masih hidup sampai sekarang karena sejak kecil badan saya selalu mengalami 3 L hehe. Lemah lesu lolo hehe. Saya selalu berlangganan minta pijat dengan ayah, dan paman. Sekali-sekali pada kakek. Ayah dan paman Djalim memang jago mijat. Mereka mijat bukan sembarang pijat tetapi ada ilmunya.

Ramuan obat ayah

Jika saya, ibu, adik serta kakek nenek, ayah pergi ke hutan di luar kampung. Beliau pulang membawa berbagai jenis akar, batang, daun dan buah tanaman tertentu. Ada untuk diminum  ada juga untuk jadi param. Jika sakit berlanjut dibawa ke mantri. Atau mantri diundang datang ke rumah. Beruntung ayah baik dengan mantri yang memang masih keluarga. Pengobatan tradisional  yang ayah lakukan kebanyakan diberi Allah keberhasilan. Karena ayah mengenalkan bahwa obat tidak bisa menyembuhkan tetapi Allah.

Minum akar merah dan air bambu

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline