Lihat ke Halaman Asli

Supli rahim

Penulis dan dosen

Alquran Mesti Dipahami dan Diamalkan

Diperbarui: 2 April 2023   07:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Bismillah,

 Al-Quran  menekankan pentingnya membaca dan mempelajari kitab suci ini. Sebagai contoh, dalam Surat Al-Muzammil ayat 4, Allah SWT berfirman:

"Dan bacalah Al-Quran dengan pelan-pelan dan tartil (dengan tajwid dan memperhatikan makna), sesungguhnya kami akan menurunkan padamu suatu bahasa yang berat (berisi kebenaran dan petunjuk)."

Ayat ini menunjukkan bahwa membaca Al-Quran dengan baik dan benar adalah penting, karena melalui membaca yang tepat, seseorang dapat memahami makna yang terkandung di dalamnya dan mendapatkan petunjuk dari Allah SWT.

Selain itu, Al-Quran juga menekankan pentingnya memahami isi dari kitab suci ini. Dalam Surat Al-Baqarah ayat 121, Allah SWT berfirman:

"Dan janganlah kamu berpaling dari ayat-ayat (Al-Quran) itu untuk memperoleh kesempitan hidup di dunia, dan supaya kamu tidak kehilangan hakmu pada akhirat. Dan barangsiapa yang berpaling dari perintah-Ku, maka sesungguhnya baginya suatu kehidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta."

Ayat ini menunjukkan bahwa membaca dan mempelajari Al-Quran dengan baik dan benar merupakan kewajiban bagi setiap muslim, karena dengan memahami isi Al-Quran, seseorang dapat hidup dengan baik di dunia dan akhirat.

Perintah diam dan mendengarkan jika quran dibaca

Dalam Al-Quran, Allah SWT memerintahkan kita untuk diam dan mendengarkan ketika Al-Quran dibacakan. Contoh ayat dalam Al-Quran yang menunjukkan perintah ini adalah Surat Al-A'raf ayat 204 yang berbunyi:

"Wahai orang-orang yang beriman, masuklah ke dalam Islam secara menyeluruh dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan; karena sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu. Dan jika kamu (Muhammad) membaca Al-Quran, maka mintalah perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk. Sesungguhnya setan itu tiada berkuasa atas orang-orang yang beriman dan yang bertawakal kepada Tuhan mereka. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline