Lihat ke Halaman Asli

Supli rahim

Penulis dan dosen

Banyak Hikmah dari Kisah Nabi Musa dan Nabi Hidir

Diperbarui: 2 April 2023   05:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Bismillah,

Al Quran banyak sekali kidah-kisah yang menyajikan hokmah yang banyak bagi kita umat manusia dan umat islam.

Kisah nabi Musa dan nabi Hidir terdapat dalam Al-Quran, di Surah Al-Kahfi (18:60-82). Berikut adalah rangkumannya:

Nabi Musa AS meminta izin kepada Allah SWT untuk menemukan seorang hamba-Nya yang lebih tahu tentang ilmu-ilmu Allah daripada dirinya. Allah SWT memberi tahu Nabi Musa AS bahwa ada seorang hamba-Nya di antara hamba-hamba-Nya yang memiliki pengetahuan lebih dari dirinya.

Nabi Musa AS bertemu dengan Nabi Hidir AS yang diberi kebijaksanaan khusus oleh Allah SWT. Nabi Hidir AS menolak untuk mengajarkan kepadanya ilmu Allah SWT, tetapi akhirnya setuju untuk menemani Nabi Musa AS dalam perjalanannya dan mengajarkan hal-hal yang ia butuhkan.

Ketika mereka berlayar di atas kapal, Nabi Hidir AS memotong kapal tersebut. Nabi Musa AS tidak mengerti tindakan Nabi Hidir AS dan menegurnya. Nabi Hidir AS menjelaskan bahwa kapal itu milik orang-orang miskin yang hidup dari laut dan jika kapal tidak dipotong, akan diambil oleh seorang raja yang zalim.

Kemudian, mereka bertemu dengan seorang anak kecil yang Nabi Hidir AS membunuh. Nabi Musa AS kembali menegurnya, tetapi Nabi Hidir AS menjelaskan bahwa anak itu akan menjadi seorang yang durhaka dan tidak patuh kepada orang tuanya. Allah SWT menghendaki bahwa anak itu digantikan dengan anak yang lebih baik dan lebih taat.

Terakhir, mereka tiba di sebuah desa yang menolak memberikan makanan dan tempat tinggal kepada mereka. Nabi Hidir AS membangun tembok untuk melindungi desa tersebut. Nabi Musa AS kembali bertanya tentang tindakan tersebut dan Nabi Hidir AS menjelaskan bahwa di bawah tembok tersebut terdapat harta benda yang dibagikan kepada anak-anak yatim yang tinggal di desa itu.

Kisah ini mengajarkan kita untuk bersabar dan mempercayai bahwa Allah SWT memiliki rencana yang lebih baik bagi kita, meskipun terkadang kita tidak dapat memahaminya dengan akal kita yang terbatas. Allah SWT memiliki hikmah yang dalam dan kita harus mengikuti perintah-Nya dan mengikuti jalan yang Dia tunjukkan kepada kita.

Di mana nabi Hidir dan nabi Musa terakhir berpisah. Pelajaran apa yang relevan dengan manusia akhir zaman

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline