Lihat ke Halaman Asli

Supli rahim

Penulis dan dosen

Prof Dr Ir Bandi Hermawan, M.Sc Dikukuhkan sebagai Guru Besar di Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu

Diperbarui: 22 Desember 2022   09:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

prof Bandi Hermawan/Jurusan budidaya FP Unib. dokpri

Bismillah,

Penulis merasa gembira sekali karena ada yunior asal Fakultas Pertanian Unsri yang dilukuhkan sebagai guru besar Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Pengukuhan tersebut berlangsung pada Rabu 21 Desember 2022 di Universitas Bengkulu. Banyak kenangan dan catatan positif tentang Prof Bandi Hermawan ini bagi penulis. Ini menatik untuk diungkapkan di sini.

Yunior di kampus PDH Padang Selasa

Bandi Hermawan kecil adalah pemuda kelahiran Prabumulih Sumatera Selatan. Menamatkan S1 di Jurusan Tanah Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya. Beliau masuk ke FP Unsri pada tahun 1980 sementara penulis masuk pada tahun 1978. Beliau termasuk mahasiswa yang rajin belajar, rajin juga berorganisasi utamanya di Himpunan Mahasiswa islam dan Ikatan Mahasiswa pencinta alam. Di kelas Bandi tergolong mahasiswa yang berprestasi.

Aktif di HMI

Bandi ketika di HMI sering mengadakan pembinaan keagamaan pada kalangan mahasiswa baru yang baru bergabung di organisasi mahasiswa islam tersebut. Beliau sering mengundang penulis menjadi nara sumber pada banyak kegiatan di HMI. Pada masa itu penulis baru menjadi dosen dan menjelang keberangkatan studi ke LN tepatnya ke Inggeris. Di sini penulis sangat salut dan menghargai perjuangan beliau dalam membina para yunior untuk mendalami agama islam dengan baik dan benar.

Diundang ke FP Unib

Bandi sejak tamat kuliah di FP Unsri memilih untuk menjadi dosen di Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Beliau jadi PNS. Bandi termonitoe oleh penulis banyak mengajar, meneliti dan mempublikasikan hasil penelitiannya pada level daerah, nasional maupun internasional. Demikian juga Bandi aktif ikuta seminar di level nasional maupun internasional.

Penulis pernah mengundang Bandi ketika ada mahasiswa penulis ujian terbuka. Mahasiswa penulis itu adalah Dr Ligal Sebastian. Dr Ligal sekarang bekerja pada Badan Intelejen Negara. Pada kesempatan lain penulis diundang untuk memberi kuliah umum di Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu.

Dipinjami mobil oleh Prof Bandi, prnulis pulang ke kampung halaman di Lubuk Langkap Bengkulu Selatan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline