Lihat ke Halaman Asli

Supli rahim

Penulis dan dosen

Carilah Teman yang Mengantarkanmu ke Surga

Diperbarui: 7 Desember 2022   07:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

 Bismillah,

Berapa teman kita yang ada di sekitar kita. Ada 5 kah, 10 kah, 20 kah, 100 kah atau bahkan 100 orang. Apakah dasar mereka itu berteman padamu? Apakah karena satu profesi? Atau hanya teman sama hobi? Atau teman satu kampung? Atau teman yang sama masjid? Sama kompleks perumahan dsb. Itu semua baik. Tak salah. Tak keliru. Kita mesti banyak teman. Mesti banyak sahabat. Tetapi pertanyaan yang segera dijawab adalah apakah mereka tidak menimbulkan permusuhan pada hari kiamat?

Carilah teman sebanyak-banyaknya

Teman sewaktu hidup ini perlu dicari sebanyak-banyaknya. Tapi musuh tidak perlu dicari. Satu musuh sudah terlalu banyak  Tetapi teman sangat diperlukan. Mengapa? Karena teman itu adalah orang yang mempunyai kesamaan dalam banyak hal. Melalui teman kita kenal orang lain. Melalui teman kita dapat pengetahuan dan pengakaman baru. Melalui teman kita menjadi ceria dan bersemangat. Pendek kata carilah teman sebanyak-banyaknya.

Teman sesama taqwa

Teman yang banyak boleh saja. Tetapi teman yang mengajak kita kepada kebaikan. Teman yang mengajak kita ke surga. Tetap boleh berteman dengan siapa saja. Tetapi berteman denhan mereka yang banyak fikir akhirat diutamakan karena iru perintah Allah. Pengibaratan berteman demgan orang taqwa itu sama dengan berteman dengan tukang minyak wangi. Kita ikut jadi wangi. Berteman dengan tukang pandai besi kita akan kena bunga api. Walau tidak binasa kita akan mengalami gangguan karena percikan bunga api. 

Berteman dengan orang taqwa akan sangat menguntungkan kita pada hari kiamat. Mengapa? Karena pada hari kiamat orang yang taqwa akan membela teman-temannya. Bahkan orang taqwa yang sudah masuk surga akan mencari kita temannya yang masuk neraka. Itulah keutamaan jika kita dapat teman yang taqwa pada Allah. 

Teman sampai hari kiamat

Teman yang kita harapkan adalah teman yang akan membawa kita kepada keridhoaan dari Allah swt. Teman seperti ini adalah teman yang humble, teman yang tidak sombong, teman yang taat kepada Allah - menjalankan semua perintahNya dan meninggalkan segala laranganNya.  Teman seperti ini tidak pernah menyekutukan Allah dengan yang lain. Teman seperti ini selalu mentauhidkan Allah.

Teman yang akan bersama kita di akhirat adalah mereka yang mengingatkan jika kita salah, yang mengajak kepada kebaikan, yang mengajari kita kebaikan dan mengajak mempedomani alquran dan hadist nabi. Trman yang mengajak kita ke akhirat adalah teman yang memgingatkan kita tentang pentingnya memperbaiki diri, menjaga iman dan amal soleh  serta mereka yang mengajak kita ikhlas dalam beramal. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline