Lihat ke Halaman Asli

Supli rahim

Penulis dan dosen

Mewujudkan Mimpi sebagai Kampus yang Unggul, Hijau dan Islami

Diperbarui: 5 November 2022   12:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: fb UMP

Bismillah,

Kampus Universitas Muhammadiyah Palembang seluas 3,5 hektar terletak di Jalan Jend A Yani 13 Ulu aembang punya minpi untuk menjadi Universitas nasional berkelas internasional.  Salah satu persyaratan untuk mewujudkan mimpi Universitas  yang unggul, hijau dan islami adalah dengan menerapkan konsep "green campus" atau kampus hijau. Tulisan ini mencoba memaparkan konsep kampus hijau dan upaya untuk mewujudkannya.

Konsep kampus hijau 

Kampus Hijau (Green Campus) didefinisikan sebagai kampus yang telah peduli dan berbudaya lingkungan dan telah melakukan pengelolaan lingkungan secara sistematis dan berkesinambungan. Kampus Hijau (Green Campus) merupakan refleksi dari keterlibatan seluruh civitas akademika yang berada dalam lingkungan kampus agar selalu memperhatikan aspek kesehatan dan lingkungan di sekitarnya. Jadi bukanlah kampus yang banyak pohon, atau kampus yang tembok, pagar, atapnya  banyak dicat hijau. Tapi lebih dari itu adalah kampus yang ramah lingkungan: penggunaan energi yang efisien, air hujan yang dipanen sebagai air bersih, menerapkan konsep "zero waste", sampah yang dikelola dengan baik dsb.

Upaya mewujudkan 

Mewujudkan "UM-Palembang Green Campus" diharapkan dapat dimulai dengan menciptakan hard components  dan soft  components. Hard components yaitu berupa area, lanskap, bangunan, infrastruktur yang bersertifikat green. Termasuk di dalamnya adalah "rainfall harvesting building" pada setiap gedung yang ada di dalam kampus UM-Palembang. Soft components adalah "Culture and Behaviour" yang dapat berupa manajemen pengelolaan kampus hijau, adanya mata kuliah bangunan hijau, dan mendudukan bangunan bersertifikat green sebagai educator.

Peluang dan Tantangan

Kampus Universitas Muhammadiyah Palembang mempunyai peluang yang tinggi karena pimpinan Universitas, BPH dan Fakultas yang ada di lingkungan Universitas Palembang punya komitmen yang tinggi untuk melakukan perubahan. Suatu waktu rektor dan BPH ingin sekali agar konsepsi kampus berwawasan lingkungan mulai diterapkan di kampus UM-Palembang. Budaya hemat kertas mulai diterapkan oleh civitas akademika UMP terbukti dalam hal surat menyurat sudah menerapkan e-e-government, demikian dalam pengisian dan evaluasi BKD UMP telah dilakukan melalui aplikasi Sister PD Dikti kementerian Diknas RI. Ini hanya mungkin karena  TIK di UMP sudah memadai - baik ketersediaan sistem maupun Ssdm yang sudah TIK minded. 

Jayalah kita semua.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline