Lihat ke Halaman Asli

Supli rahim

Penulis dan dosen

Seputar Lamang Tapai Makanan Khas Bengkulu

Diperbarui: 24 Juli 2022   18:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sarihusada.co.id


Bismillah,

Sejak kecil penulis dikenalkan dengan makanan khas Bengkulu yang ternyata makanan khas di Sumatera Barat juga. Namun makanan ini ternyata juga ada di Riau, Jambi, Malaysia dan bumi Melayu lain.

Berikut uraian dari PPL Buyung Nurman asal Bengkulu tentang lemang sebagai makanan adat yang mengiringi acara pernikahan putri sahabat beliau.

Penulis hendak memulai tulisan ini dengan sebuah ungkapan yang sangat populer, yang bunyinya, " Tak lekang kena panas dan tak lapuk kena hujan. "

Juga ada pemeo yang akrab di telinga kita berbunyi, " Kalaulah tidak dapat dipakai semua tapi jangan ditinggalkan semuanya. "

Ungkapan dan pemeo itu agaknya masih sesuai, jika Penulis kaitkan dengan apa yang Penulis saksikan belum lama ini.

Pemandangan itu nampak tatkala Penulis menghadiri acara prosesi pernikahan putrinya seorang kerabat di jalan Sungai Rupat Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu.

Ada sesuatu hal yang menarik dan langkah menurut Penulis yang telah hampir tiga dasawarsa bermukim di Kota Bengkulu.

Dimana ditengah- tengah lingkaran duduk majelis akad nikah itu terdapat beberapa ikatan lemang yang berisi lebih kurang 10 potong setiap ikatnya  dan sudah di buang kulit luarnya, rapi indah sekali.

Manakala prosesi ijab qobul sepasang pengantin itu usai, yang ditandai dengan untaian do'a selamat oleh Penghulu dan Majlis sudah di bolehkan meninggalkan tempat, maka lemang itu dibagikan kepada yang di anggap pantas 1 - 2 potong perorang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline