Lihat ke Halaman Asli

Supli rahim

Penulis dan dosen

HPku Telah Menghilangkan Banyak Hal dalam Hidupku

Diperbarui: 18 Mei 2022   07:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Bismillah,

Sejak ada HP semua banyak yang hilang pada kehidupan kita manusia. Adab dan etika hilang. Jam hilang. Telepon rumah hilang. ATM hilang. Hp juga ternyata telah menghilangkan fungsi tegur sapa dengan orangtua, dengan anak, denganbtetangga. HP telah menghilangkan saling kunjungi alias silaturrahim. HP telah menghilangkan banyak hal dalam kehidupan kita. Tulisan ini mengupas sejumlah dampak negatif penggunaan HP dalam kehidupan kita.

HP menghilangkan iman

Dengan HP android sejak lama menjdikan kita hilang ingatan, hilang waktu solat, hilang perkataan yang lemah lembut, hilang atensi terhadap keluarga, atensi terhadap orangtua, hilang kebaikan dan bahkan iman kita. Orangberiman itu dicirikan oleh khusuk dalam solat, tak melakukan perkataan dan perbuatan sia-sia. HP telah menyebabkan banyak hal sia-sia telah mengisi hidup kita. 

HP menghilangkan kekhusukan

Betapa memprihatinkannya hidup kita dengan kehadiran HP. Hidup jadi tak khusuk, tak fokus. Sebentar sebentar lihat HP. Hidupkan lagi, matikan lagi. Hidup terasa tak nyaman dan aman jika lupa HP. Hidup tertutup jika HP tak ada paket, tak ada pulsa. Lagi solat lihat HP, tak solat lihat HP. 

HP menjadikan kita dalam bahaya

Bahaya hidup kita bertambah-tambah karena HP menambah bahaya itu. Berjalan lihat HP, berkebderaan lihat HP. 

HP menghilangkan kebersamaan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline