Lihat ke Halaman Asli

Supli rahim

Penulis dan dosen

Marilah Kita Selalu Berbaik Sangka

Diperbarui: 12 Maret 2022   05:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Bismillah,

Semua manusia punya kekurangan. Kesempurnaa adalah milik Allah. Carilah kesempurnaan dari Allah jangan mencari kekuranganNya.  Karena Allah swt mustahil punya kekurangan. 

Sementara Allah menganugerahkan kelebihan kita manusia baik secara pribadi maupun secara kelompok. Karena itu akan sangat bijak jika kita menghindarkan berburuk sangka tetapi mengutamakan berbaik sangka.

Amanat alquran

Quran sebagai petunjuk, pembeda antara yang haq dan bathil serta pemberi informasi tentang petunjuk itu sendiri. Karena itu mari kita memperhatikan, menghayati dan mengamalkan apa saja yangdiperintahkan Allah dan menauhkan apa apa yang dilarangNya.

Allah swt berfirman sbb:

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan berburuk-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari berburuk

-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang. QS al Hujarat ayat 12.

Berbaik sangka kepada Allah

Mari kita camkan, kita sepakati dan kita ridho pqdq apa jua yang Allah taqdirkan pada kita, keluarga kita, masyarakat dan bangsa kita. Kita ucapkan banyak banyak kalimat alhamdulillah. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline