Lihat ke Halaman Asli

Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pelajaran IPAS Fase B Kelas IV

Diperbarui: 28 September 2022   20:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Lokasi: SD Negeri 1 Sumberarum

Lingkup Pendidikan: Sekolah Dasar

Tujuan yang akan dicapai: Meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada  pelajaran IPAS kelas IV SDN 1 Sumberarum

Penulis: Supiyati

Tanggal: 10 September 2022

Situasi

Proses adaptasi dari belajar daring ke luring memunculkan dampak yang besar, antara lain:

  • Peserta didik kelihatan murung dan lesu selama belajar.
  • Dalam penyampaian materi peserta didik asik bermain sendiri.
  • Peserta didik tidak memberikan tanggapan setelah penyampaiain materi selesai.
  • Orang tua tidak memantau perkembangan belajar putra- putrinya.
  • Pembelajaran tidak menerapkan metode variatif dan penggunaan media.

Praktik pembelajaran ini sangat penting untuk di bagikan karena banyak pendidik yang mengalami permasalahan yang sama dengan permasalahan yang  penulis alami, sehingga praktik ini di harapkan selain bisa memotivasi  penulis juga di harapkan dapat menjadi referensi atau inspirasi bagi rekan pendidik lain.

Penulis yang berperan sebagai pendidik mempunyai tanggung jawab untuk melalukan proses pembelajaran  secara efektif. Dengan menggunakan media dan model pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar  bisa tercapai sesuai dengan yang diharapkan.

Tantangan

Yang menjadi tantangan dalam kegiatan Praktik  sebagai berikut:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline