Lihat ke Halaman Asli

Media Sosial X Pancasila

Diperbarui: 8 Desember 2021   00:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Era 4.0 merupakan era dimana hampir 80% kehidupan manusia di pengaruhi oleh teknologi canggih. Teknologi ini bertujuan untuk semakin mempermudah kehidupan manusia, akan tetapi juga bisa berakibat fatal apabila disalahgunakan. Salah satu wujudnya yaitu media sosial. Indonesia termasuk dalam 10 besar negara yang kecanduan media sosial. 

Memang, medsos ini mempermudah kita dalam berhubungan, sesuatu yang belum pernah kita ketahui bisa di ketahui lewat media sosial ini. Tetapi, ada juga sisi buruknya. Saya memfokuskan pada masalah ideologi pancasila. 

Dengan berkembangnya era 4.0 ini atau disebut era digital tidak menutup kemungkinan sebuah paham-paham yang lain masuk untuk menggerogoti ideologi pancasila khususnya bagi anak muda. 

Anak muda yang berangkat dengan rasa penasaran yang sangat tinggi ini dimanfaatkan untuk menggeser ideologi Pancasila. Tugas kita sebagai warga internet yang ber ideologi Pancasila harus bisa menyaring mana yang bisa di serap atau di buang. Ini semua dilakukan supaya menuju Indonesia yang lebih kokoh

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline