September 7, 2012 at 3:59pm
Oleh : Supatmono
“ Akhir-akhir ini banyak orang Islam menyeminarkan perlunya penerapan syari’at Islam dalam paket urgensi penegakan Negara Islam. Apakah sebenarnya hal itu memang urgen bagi negeri kita ?”, tanya seorang murid kepada gurunya, ustadz sebuah pondok pesantren. “ Bukan berarti saya alergi nasionalis-demokrat, lho, Ustadz. Saya hanya sekedar ingin merasakan bersama kerinduan para pejuang hukum syari’at Islam itu. Mereka sepertinya belum menemukan titik terang ke arah tujuan pendirian Negara Islam yang mereka tuju”.
“ Ya, ustadz. Kasihan sekali mereka itu. Hadangan bagi mereka seolah-olah sekuat tembok baja di negeri ini, berwujud rasa cukup, rasa puas orang Islam sendiri atas yang telah ada. Orang Islam di negeri kita ini seolah-olah lupa akan suri tauladan Nabi besar Rasulullah SAW dan para sahabat dalam menjalankan pemerintahan Islam. Alangkah nikmatnya kita, jika negeri kita menerapkan hukum Islam seperti negeri jiran, misalnya. Mereka sukses besar mengangkat kemakmuran negeri. Keberkahan melimpah ruah. Lapangan kerja banyak. Kemajuan ilmu pengetahuan, budaya dan teknologi juga mengagumkan” kata santri yang lain, “ Apakah dengan adanya contoh senyata itu di jaman modern ini, kita masih harus menunda lagi ?”.
“ Persoalan penerapan syari’at Islam itu persoalan yang tidak pendek seperti yang kalian bayangkan. Terlebih dahulu harus kita samakan persepsi kita tentang syari’at Islam, Karena sesungguhnya persoalan yang menjadi latar belakang maupun latar depannya sungguh kompleks. Marilah kita luangkan waktu sejenak mempersepsikan apa yang selama ini kita yakini sebagai yang harus dijalankan, diajarkan sebagai yang harus diteladankan dan sebagainya…….” Sang ustadz menghentikan wejangannnya sejenak. Santri-santrinya menunggu dengan tenang dan penuh rasa ingin tahu
“ Syari’at adalah watak seperangkat aturan pemuat spirit atau semangat keyakinan esensial atas semua wujud kehadiran. Mengapa watak ? Karena di dalamnya termuat misi, sesuatu yang berbatas keterlindungan dan perlindungan sebagai sebab kehadirannya. Adanya adalah melindungi diri. Dan karenanya mesti terkemas sebagai pokok-pokok perlindungan yang mesti dikenali semua peruntukan, yaitu diri. Perihal mengapa kehadirannya harus juga terlindungi, mengisyaratkan kesantunan yang tak pernah boleh dicederai bahkan oleh bentuk-bentuk, wujud-wujud keterlindungannya sendiri. Rapuh bila tersentuh, namun bukan kekuatan bila dibiarkan. Dan itulah, kesantunan, pokok pertama dari syari’at. Tiada kesantunan tanpa syari’at dan tiada syari’at tanpa kesantunan”. Sang ustadz mengangkat wajahnya, sejenak memandang jejalan
“ Pokok-pokok berikutnya paling tidak mesti dilandasi empat hal peruntukan diri : syarat struktural, unitas makna, pemahaman esensial, dan kecakapan pengambilan keputusan dari semua persoalan yang harus diputuskan dengannya. Syarat strukturalnya adalah prinsip-prinsip nalar yang terbangun atas anasir Hidup, Kebaikan dan Kepastian dalam kebolehan maujudnya. Unitas makna merupakan pemahaman atas kepastian batas-batas urusan jiwa yang mampu menangkap getaran sebab-sebab asasi dari kebenaran kalimah dalam kesempurnaan kesaksian diri. Pemahaman esensi adalah kecerdasan diri menyingkap seluruh kasyaf eksistensi yang maujud. Muara dari ketiga landasan tersebut adalah daya diri dalam menentukan dan menerjemahkan setiap keputusan praktis dengan mensintesakan tiga pokok pikiran tersebut” , Ustadz menghela nafasnya perlahan, seolah terbebas dari semua urusan pelik
“ Kata Islam sendiri menawarkan lebih dari satu bentuk pemahaman. Islam yang menyejarah bersama urutan turunnya firman, atau Islam yang memfenomena bersama kehidupan sahabat Nabi, atau Islam yang dianggap sempurna sebagai agama paling benar dasar ilmunya atau masih banyak lagi yang tidak dapat saya ungkapkan”.
Sang ustadz sejenak menghentikan bicaranya. Wajahnya semakin serius, Sejurus kemudian mengalun suara lebih lembut dan santun. Seakan-akan hendak mengungkapkan betapa rendahnya kehinaan diri atas semua santunan Kalam.
“ Saya hanya akan membahas yang pertama. Jika syari’at islam yang dipilih adalah syari’at islam yang menyejarah bersama urutan turunnya firman, maka sungguh malang sekali orang-orang Islam itu jadinya. Ayat pertama yang diturunkan kepada Rasulullah Muhammad SAW oleh Malaikat Jibril, dikisahi dengan pelukan malaikat Jibril sebanyak tiga kali sebelum Rasulullah memahami Kehendak AgungNya. Apa rahasia tiga kali pelukan Malaikat Jibril ketika itu ? Pada pelukan pertama, Rasulullah SAW menjawab perintah :”Bacalah !” dengan ungkapan : “Aku tidak tahu”. Aku tidak tahu mengisyaratkan begitu banyak yang telah akan dipikirkan dan ditafakurkan, namun belum diketahui. Pada pelukan kedua terjadi hal yang sama. “Aku tidak tahu” yang kedua mengisyaratkan begitu banyak yang telah akan dijalani, namun belum terlampaui. Pada pelukan ke tiga tersentuhlah Hasrat Kasih Agung dalam Kesantunan yang tersambut oleh getaran Jiwa & Qalbu Rasulullah SAW. Dan nyatalah Cermin Cahaya Kebenaran yang memang satu-satunya Sumber Cahaya Kebenaran itu sendiri. Dengan Kebanggaan Agung Rabb, Rasulullah SAW menyibakkan sendiri rahasia batas ketafakurannya yang panjang di gua Hira’. Dengan Cahaya Kebenaran Suci Sang Pencipta Rasulullah SAW menemukan kesejatian maujudNya. Namun itu pun belum cukup tersebutkan sebagai keluhuran kemanusiaan. Rasulullah mesti memperoleh peneguhan dari Sang Pendamping, al-Umm Siti Khadijah r.a, hingga keutuhan keyakinan diri lah jelma keberadaannya. Demikianlah, awal Syari’at Islam adalah kerja Ilahiah, anak-anakku. Bukan kekerasan apalagi paksaan. Namun murni kelembutan hati yang memahami kepastian diri, kepasrahan diri dan kesetiaan diri yang tulus. Awal Syari’at Islam adalah keharusan bercahayanya watak diri yang indah oleh Kehendak Yang Maha Indah, dan semua yang menerimanya dengan terbuka sebagai keindahan mesti bersyaratkan rela. Awal kerja Syari’at Islam adalah ditunjukkannya kerendahan diri dengan cara yang lebih rendah lagi, dengan tujuan agar tidak mencederai Qalbu Rasulullah SAW, namun benar-benar meneranginya dengan Cahaya Kebenaran yang membuka rahasia Qalbu, memelihara dan menyelamatkan semesta ciptaan Sang Khalik sepanjang jaman”.
Murid –murid terperangah. Sang ustadz matanya berkaca-kaca. Menerawang jauh ke luar beranda.