Lihat ke Halaman Asli

Supardan

Pendidik

2.1.a.8. Koneksi Antar Materi - Modul 2.1

Diperbarui: 24 Februari 2023   08:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

2.1.a.8. Koneksi Antar Materi - Modul 2.1

Supardan,S.Pd CGP Angkatan 7 PKBM Az-Zauqina Kab. Bandung Barat

Koneksi antar materi Modul 2.1 berisikan kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana hal ini dapat dilakukan di kelas.

Serta bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu mencapai hasil belajar yang optimal. Kemudian menjelaskan keterkaitan antara materi dalam modul ini dengan modul lain di Program Pendidikan Guru Penggerak.

   Apa yang Anda pahami mengenai Pembelajaran Berdiferensiasi?

Pembelajaran berdiferensiasi adalah keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid dengan pembelajaran yang memberi keleluasaan pada siswa untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar siswa tersebut. Atau dengan kata lain Pembelajaran Berdiferensiasi adalah Pembelajaran yang berorientasi kepada kebutuhan murid.

Mengapa kita melakukan Pembelajaran Berdiferensiasi? Karena ..

Tujuan pembelajaran yang dirumuskan secara jelas Merespon kebutuhan belajar murid dengan diferensiasi konten, produk dan proses Lingkungan belajar yang "mengundang' murid untuk belajar Manajemen kelas yang efektif Penilaian berkelanjutan / on going assessment Memetakan kebutuhan belajar berdasarkan kesiapan belajar, minat, dan profil murid. Menciptakan suasana belajar yang kolaboratif dan positif

Apa saja strategi Pembelajaran Berdiferensiasi?

1. Diferensiasi Konten (terkait apa yang kita ajarkan pada murid)

Adalah mendiferensiasikan materi pembelajaran kepada murid berdasarkan kebutuhan, dilihat dari kesiapan belajar murid secara konkret -- abstrak, minat belajar murid dengan mempersiapkan topik atau materi sesuai minat siswa, profil belajar siswa sesuai gaya belajar, audio, visual, atau kinestetik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline