Lihat ke Halaman Asli

Supadilah

Guru di Indonesia

Strategi Memilih Biaya Pendidikan Terbaik

Diperbarui: 24 Juni 2023   07:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: website sekolah

Biaya pendidikan semakin tinggi. Hal ini membuat orang tua harus selektif memilih sekolah terbaik.

Sekolah favorit memang punya banyak keunggulan misalnya dalam segi kurikulum, fasilitas, program, dan lainnya. Tapi sekolah ini biasanya punya konsekuensi berupa mahalnya biaya pendidikan. 

Kalau orang tua yang berkecukupan sih tak ada soal. Kalau orang tua dari kalangan ekonomi menengah ke atas sih tak jadi masalah. 

Tapi lain soal jika orang tua tidak punya kecukupan. Atau punya banyak anak. Nah, orang tua harus mempertimbangkan matang-matang ke mana akan menyekolahkan anak saat biaya pendidikan semakin tinggi.

Secara umum ada dua jenis sekolah yaitu sekolah negeri dan sekolah swasta. Untuk sekolah negeri biasanya biaya pendidikan lebih terjangkau bahkan gratis. Meskipun ada beberapa catatan yaitu tidak semuanya gratis. Sebab orang tua harus pula mengeluarkan biaya untuk beberapa hal.

Sedangkan untuk sekolah swasta biasanya memang lebih mahal lantaran gaji guru dibayar secara mandiri oleh sekolah.

Pendidikan adalah hal penting. Untuk hal yang penting ini, kita harus mempersiapkannya. Jika orang tua sudah mempersiapkan sejak jauh-jauh hari, ini dapat membantu ketika biaya pendidikan semakin tinggi.

Langkah terbaiknya adalah dengan menyiapkan tabungan atau menambah penghasilan agar punya dana lebih untuk biaya pendidikan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline