Lihat ke Halaman Asli

Berpuasa Mengajarkan Hidup Hemat dan Sehat

Diperbarui: 25 Juni 2015   02:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Biasanya kalau tidak berpuasa segala makanan yang ada pasti disantap habis tanpa sisa, kalau tempatnya bisa dimakan mungkin dimakan sekalian. Kejadian ini dikala bulan bukan puasa seperti sekarang ini. Tapi, semenjak puasa sudah di umumkan segala sesuatu yang membuat ngiler untuk makan di stop.

Semua hal yang ada di dunia ini sekecil apapun tingkah laku kita pasti dinilai, penilaian ini bisa macam-macam. Mulai dari tingkah laku, perbuatan bahkan sampai omongan di nilai.  Siapa yang menilai, diri kita sendiri atau orang lain yang memperhatikan kita.

Dalam keseharian kita selalu di kelilingi keinginan untuk membeli barang yang sifatnya mubazir (tidak berguna). Seperti beli makanan yang berlebihan hanya untuk memenuhi rasa lapar yang di iringi dengan nafsu. Kadang yang kita makan justru membuat penyakit dalam tubuh. Seperti makanan ala kebarat-baratan, untuk menjaga gengsi kalau sudah makan hamburger sudah dianggap orang bule. Justru makanan seperti itu banyak mengandung penyakit. Karena cara penyiapan cepat tanpa menunggu proses masak yang matang.

Dengan berpuasa segala keinginan kita untuk konsumsi barang sedikitny bisa di hemat dan kalau makan tidak terlalu berlebihan agar badan sehat. Itulah penilaian berpuasa mengajarkan hidup hemat dan sehat.

Wasalam,




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline