Lihat ke Halaman Asli

Wujud Nyata Program Pesantren Ramah Anak Melalui Pelatihan Konselor Sebaya

Diperbarui: 11 Agustus 2023   11:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumentasi pribadi

9-10 Agustus 2023 telah terlaksana pengabdian masyarakat oleh tim pengabdian BK FIPP UNNES melalui Pelatihan Konselor Sebaya dalam mendukung program pesantren ramah anak di Islamic Boarding School SM IT Bina Amal Semarang. Kegiatan ini dihadiri oleh tim pengabdian, Guru BK di Islamic Boarding School SM IT Bina Amal Semarang, dan 30 santri terpilih yang akan bertugas menjadi konselor sebaya dalam  meningkatkan kesehatan mental dan kebahagiaan santri di pesantren dalam mencegah bullying di pesantren.

dokumentasi pribadi

dokumentasi pribadi

Bullying adalah salah satu dalam dosa besar pendidikan dan akan menghambat perkembangan siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini berlaku sama di pesantren, kasus bullying menjadi salah satu hal yang perlu diantisipasi dan dicegah agar santri bisa lebih nyaman dan menikmati proses pembelajaran di pesantren dengan bahagia. Kegiatan berlangsung dengan khidmat dan diisi materi oleh Dr. Anwar Sutoyo, M.Pd dengan materi kesehatan mental dan pesantren, dilanjutkan pelatihan dan praktik keterampilan menjadi konselor sebaya oleh Muslikah, S.Pd, M.Pd. Harapannya setelah diadakan ini, para santri dapat menuntaskan tugas sebagai teman sebaya selama di pesantren secara bersama-sama sehingga interaksi yang terjadi di pesantren menjadi lebih baik dan tidak adanya perilaku bullying di pesantren karena dukungan sebaya melalui komunitas konselor sebaya.

Konselor sebaya berfungsi sebagai pencipta kondusif lingkungan dengan memberikan kenyamanan pada siswa melalui layanan teman sebaya. Konselor sebaya bermanfaat untuk membantu teman yang mengalami permasalahan di lingkungan sekolah maupun lingkungan pesantren dan menciptakan pribadi positif siswa sehingga dapat menjadi teladan yang baik, hal ini disampaikan oleh Prof. DYP Sugiharto, "Konselor sebaya adalah siswa terpilih yang menjadi suri tauladan bagi siswa yang lain dan tangan kanan guru BK dalam membantu permasalahan siswa yang lain". Dukungan kuat juga diberikan oleh pihak sekolah dan semua tim guru. Kepala Sekolah SMA IT Bina Amal menyampaikan harapannya agar program pelatihan konselor sebaya bisa menjadi program unggulan percontohan di Islamic Boarding School se-Jawa Tengah.

Penulis

Muslikah




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline