Lihat ke Halaman Asli

Melaksanakan Aksi Nyata di Platform Merdeka Mengajar

Diperbarui: 8 Juni 2023   00:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Assalamualaikum Wr. Wb.

Apa kabar Bapak Ibu guru hebat diseluruh nusantara? saat ini kurikulum pendidikan kita mengalami perubahan yaitu dari kurikulum 2013 menuju kurikulum merdeka, dimana dalam kurikulum merdeka ini memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik.

Karakteristik kurikulum merdeka antara lain :

  • Pengembangan Soft Skills dan Karakter
  • Fokus terhadap Materi Esensial
  • Pembelajaran Yang Fleksibel

Dalam memahami kurikulum merdeka ada beberapa alur yang harus dipelajari, antara lain :

  • Memahami Garis Besar Kurikulum Merdeka
  • Memahami Pembelajaran dan Asesmen
  • Memahami Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan
  • Memahami Pengembangan Projek Penguatan Profil Pancasila

Sebagai seorang guru yang berkewajiban melaksanakan kurikulum merdeka dalam satuan pendidikan, kita diharapkan mampu untuk memahami bagaimana penerapan kurikulum merdeka ini. Oleh sebab itu dibentuklah Platform Merdeka Mengajar dimana didalam platform edukasi ini menyediakan pelatihan mandiri dan berbagai referensi perangkat ajar seperti alur tujuan pembelajaran, modul ajar dan lain lain untuk guru mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Salah satu kegiatan diwilayah kami, yaitu di Kecamatan Jatipurno Kabupaten Wonogiri, menyelenggarakan berbagai acara untuk mendukung pengembangan Kurikulum Merdeka ini, salah satunya yaitu Pelatihan Mandiri di kegiatan KKG tentang, ”Kupas Tuntas Aksi Nyata Pelatihan mandiri Pada Platform Merdeka Mengajar.” kegiatan ini telah dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan, dalam kegiatan ini para guru diajak untuk memahami beberapa topik di Platform Merdeka Mengajar kemudian membuat aksi nyata, dan kemudian diunggah di PMM, apabila aksi nyata tersebut memenuhi syarat seperti tidak plagiat, karya asli sendiri dan sebagainya maka akan muncul sertifikat yang dapat diunduh di aplikasi ini. Setiap topik yang telah dilaksanakan akan memperoleh sertifikat dengan jumlah jam yang berbeda, yang dapat digunakan oleh Bapak Ibu guru. Sampai saat ini sudah ada 22 topik dalam Platform Merdeka Mengajar.

Semoga informasi yang saya sampaikan ini bermanfaat bagi bapak ibu gur untuk lebih meningkatkan kualitas kita sebagai seorang Pendidik. Mari sukseskan Kurikulum Merdeka, mencerdaskan anak bangsa yang lebih berkualitas dan bermartabat. Salam Guru hebat diseluruh Nusantara.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline