Lihat ke Halaman Asli

SUNARTI

Ahli gizi

Gizi pada Ibu Hamil

Diperbarui: 6 Agustus 2020   13:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Masa kehamilan adalah suatu masa dimana fisik dan mental ibu dipengaruhi  oleh proses fisiologi / faali dalam bentuk penyesuaian yang kompleks.

Gizi kehamilan adalan zat gizi yang dibutuhkan ibu hamil dan janin yang dikandungnya selama periode kehamilan.  Intervensi spesifik bidang kesehatan agar bumil dan bayi tidak mengalami gangguan kesehatan, pada ibu hamil harus melakukan pemeriksaan kehamilan secara teratur, mengkonsumsi suplemen gizi seimbang, mengkonsumsi suplemen iodium, obat cacing, dan melakukan pencegahan malaria di daerah endemik malaria misalnya menggunakan kelambu dan insektisida. Pada bayi yang baru lahir harus memberikan inisiasi ASI, neonatal suplemen vitamin A, delayed cord clamping.

Pada  bayi sampai 2 tahun harus dilakukan pemantauan pertumbuhan BB dan TB  terutama diposyandu, ASI eksklusif, MPASI bergizi seimbang, berikan obat cacing, suplemen gizi mikro/taburia, dan perawatan pengasuhan anak dengan benar. Sedangkan intervensi  non kesehatan yaitu peningkatan pendapatan, pendidikan gizi ibu, pendidikan umum ibu, ketahanan pangan, kebersihan/sanitasi lingkungan, air bersih, dan seleksi kesiapan calon pengantin




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline