Lihat ke Halaman Asli

SUNARTI

Ahli gizi

Jejak Gus Sholah

Diperbarui: 12 Februari 2020   15:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

KH Salahudin Wahid atau lebih akrab dengan sapaan Gus Sholah adalah sosok yang idealis dan memiliki komitmen yang tinggi terhadap Indonesia. Adik dari Gus Dur ini selain seorang ulama, beliau ini merupakan seorang aktifis, politisi dan juga merupakan tokoh HAM (Hak Asasi Manusia). Gus sholah juga pernah menjabat sebagai anggota MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat) pada masa awal reformasi pada tahun 1998 dibawah pimpinan Soeharto.

Gus sholah memulai pendidikan akademiknya di SD Perwari Salemba, kemudian melanjutkan pendidikannya di SMP Negeri  1 Cikini dan selanjutnya  menuntut ilmu di SMA Negeri 1 Budi Utomo (Budut).  Gus Sholah adalah seorang aktifis dari sejak beliau duduk dibangku sekolah, ini terbukti beliau pernah menjadi wakil ketua OSIS sewaktu SMA, kemudian beliau juga aktif sebagai anggota pengurus Senat  serta menjadi wakil ketua PMII cabang Bandung ketika kuliah di ITB. Selain itu, beliau juga pernah menjadi Dewan Pengurus Pendaki Gunung Wanadri.  

Setelah beliau menyelesaikan strata satunya di ITB  dengan bekal akademik dan segudang pengalamannya dalam berorganisasi, jadi tidak heran jika beliau memiliki rekam jejak karir yang baik.

Gus Sholah pernha menjadi Direktur utama perusahaan kontraktor,  Direktur Utama perusahaan konsultan teknik,  Assosiate Direktur perusahaan konsultan properti internasional, penulis lepas pada berbagai media yang ada, anggota MPR, dan wakil ketua komnas HAM. Ditengah-tengah kesibukannya bekerja beliau juga aktif di berbagai organisasi, nampaknya jiwa aktifis dari seorang Gus Sholah tidak bisa dipisahkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline