Lihat ke Halaman Asli

Sunarni

Kepala Sekolah

Jum'at Berinfaq

Diperbarui: 7 Februari 2024   11:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

  • Latar Belakang
  • Menurunnya rasa simpati dan empati terhadap sesama teman dan meiliki ego yang lebih tinggi. Motivasi kepada siswa, dapat dilakukan pihak sekolah dan guru dengan menyisihkan sebagian kecil uang mereka. Kegiatan ini dilakukan dengan prinsip suka rela dan ikhlas. Pendidikan bukan sekedar transformasi tentang ilmu pengetahuan dari guru kepada murid melainkan melalui proses pembentukan karakter, sebab itu Pendidikan dipahami sebagai proses transformasi nilai-nilai salam rangka pembentukan kepribadian dalam segala aspek yang dicakupinya.
  • Tujuan kegiatan.
  • Menumbuhkan  sikap dan akhlak mulia
  • Mengenalkan kepada siswa sikap empati dan simpati kepada sesama
  • Membentuk siswa yang berkarakter dan religious
  • Mengenalkan siswa untuk menghargai segala perbedaan yang ada disekitarnya
  • Mampu dan bisa mempunyai rasa tanggung jawab terhadap agam yang dipeluknya
  • Manfaat
  • Menumbuhkan rasa syukur
  • Meningkat rasa kepedulian social
  • Menumbuhkan kepekaan untuk berbagi
  • Membantu siswa dan masyarakat yang membutuhkan
  • Menumbuhkan pendidikan karakter siswa.
  • Pelaksanaan Praktik Baik
  • Program Jum'at berinfaq dilaksanakan setiap hari Jum'at 20 menit setelalah jam istirahat jam pertama, dengan jadwal sebagai berikut :
  • Sholat Dhuha berjamaah
  • Membaca Asmaul Husna bersamaa
  • Kegiatan berinfaq mulai dari kelas 1-6 beserta gurunya

Karakter lingkungan yang dikembangkan :

  • Manusia
  • Kepala Sekolah
  • Guru
  • Murid
  • Tenaga Kependidikan
  • Sosial
  • Linggkungan sangat mendukung Progrma Jum'at berinfaq
  • Politik
  •  Warga setempat
  • Mushola terdekat
  • Komite
  • Fisik
  • Ruang kelas yang bias digunakan untuk sholat berjama'ah
  • Finansial
  • Dana dari semua murid yang di berikan seikkhlasnya
  • Lingkungan Alam letak sekolah yang strategis
  • Monitoring ( dilakukan oleh Kepala Sekolah dan Guru)

Monitoring dilakukan oleh guru kepada siswa, siswa kepada siswa dan semua warga sekolah apakah program kegiatan JUM'AT BERINFAQ berjalan dengan baik.

Untuk memastikan program JUM'AT BERINFAQ dapat berjalan dengan baik maka dilakukan program monitoring kepada siswa bekerjasama dengan guru kelas

  • Evaluation
  • Kegiatan evaluasi dilakukan untuk mengetahui sejauh mana program membawa pengaruh terhadap kebiasaan, cara berfikir dalam menghadapi masalah, bagaimana program berpengaruh terhadap kegiatan belajar siswa di sekolah, bagaimana pengaruh terhadap jiwa kepemimpinan siswa dan hambatan apa saja yang di hadapi ?
  • Learning
  • Kegiatan evaluasi yang dilakukan oleh Siswa, Guru, Kepala Sekolah dan seluruh pihak yang terlibat dalam program ini menjadi landasan utama untuk menyusun Rencana Tindak Lanjut (RTL) dan bahan Pembelajaran untuk menjadikan program JUM'AT BERINFAQ  menjadi Budaya Positif di sekolah dan mampu mempengaruhi jiwa kepemimpinan siswa berlandaskan sikap akhlak mulia
  • Pembelajaran Program
  • Koordinasi Tim yang baik
  • Faktor penghambat pelaksana program
  • Terdapat siswa yang kurang bersemangat mengikuti proses pembelajaran
  • Hasil yang dicapai
  • Dengan dilakukanya Program yang berdampak pada murid, murid memiliki jiwa kepemimpinan,bertaqwa kepada tuhan YME,berakhlak mulia,Berkarakter dan religious, saling menghargai dan menghormati, adanya rasa simpati dan empati pada orang lain serta Bertanggung jawab .
  • Kesimpulan
  • Hal yang menarik adalah saya dapat mempelajari bagaimana pembuatan dan pengelolaan program yang berdampak pada murid berdasarkan aset dengan mempertimbangkan manajemen resiko serta bagaimana menggunakan evaluasi "MELR"



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline