Tentang kecelakaan AirAsia mungkin juga hanya sebuah kasus dan tidak selayaknya banyak berasumsi tentang penyebabnya sebelum kotak hitam ditemukan, tetapi memang kebiasaan sebagian besar dari kita tidak disiplin dalam mematuhi POS atau SOP adalah suatu kewajaran.Beberapa kasus yang sering terjadi dan tidak kita sadari kita sering tidak disiplin mematuhi prosedur standar operasional.
1.Seberapa sering kita membaca manual suatu produk ketika kita baru membeli misalnya HP, tablet, Laptop, mesin cuci, AC dan lain sebagainya??Mungkin banyak dari kita yang mengabaikan hal itu karenamerasa sudah tahu dan paham cara pengoperasiannya tanpa memerlukan membaca manual itu.Paling-paling nanti kalau di tengah jalan agak bingung kita baru mencoba membaca manualnya, itupun tetkadang hanya bagian yang kita perlukan…
2.Pernah suatu saat seorang kawan saya di Jepang mengalami kerusakan laptop, setelah dicoba berulang kali diperbaiki tetap tidak bisa.Akhirnya teman saya datang ke tempat dia membeli laptop dan meminta tolong perbaikan.Ada pertanyaan sederhana dari teknisi toko tersebut, apakah ada prosedur instalasi yang tidak dilakukan oleh kawan saya tersebut?Jika prosedurnya semua benar, tidak mungkin laptop mengalami error seperti kasus yang ada, setelah diingat-ingat memang ada satu tahapan yang tidak dilakukan teman saya tersebut yang langsung diketahui oleh teknisi Jepang tersebut…hal yang membuat heran kami adalah dengan begitu mudahnya teknisi tersebut melihat kesalahan kami.
3.Saya pernah beberapa kali bekerja di perusahaan swasta yang kebetulan berhubungan langsung dengan proses pembuatan produk.Standar kontrol kualitas sangat ketat, bahkan kadang kita harus checking proses produksi dan mencatat tiap 10 menit sekali agar jangan sampai ada produk yang beredar tetapi ternyata tidak layak edar.Selain itu jika terjadi cacat produk akan mudah terlacak siapa yang bertanggung jawab dalam proses produksi saat itu.Kode tanggal kedaluwarsa produk yang biasanya terdapat pada kemasan produk bukan hanya menunjukkan kapan produk tersebut mulai tidak layak dikonsumsi, tetapi lebih dari itu.Kode tersebut juga menunjukkan kapan produk dibuat yang akan mampu menelusuri siapa orang yang bertugas dalam produksi saat itu sehingga saat terjadi masalah akan jelas siapa yang harus bertanggung jawab.
4.Orang Jepang termasuk yang menurut saya sangat disiplin dalam hal ini, bahkan seorang professor/pakar pun ketika akan melakukan operasional alat mereka selalu sambil membaca manual secara detail satu persatu meskipun sudah hafal diluar kepala prosedur tersebut.Mereka tidak mau mengandalkan ingatan saja tanpa membaca manual.
sumber gambar: http://zahiraccounting.com/id/blog/cara-cepat-menyusun-standar-operasional-prosedur-sop/
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H